20 June 2016

Sepenting Apakah Riset Pasar?




Melakukan riset pasar merupakan suatu keharusan bagi seorang pebisnis, gunanya untuk mengetahui informasi mengenai target pasar, konsumen, hingga pesaing.   Apalagi bagi pebisnis online, melakukan riset pasar dapat membuat bisnisnya semakin berkembang.
Waduh, malas riset Teh!
Begitulah tanggapan para perempuan pebisnis.
Ya, Kebayang rumitnya harus mempersiapkan sebuah riset membuat banyak pebisnis enggan melakukan riset.
Eits, Anda jangan antipati dulu.  Ingat, kemajuan teknologi internet saat ini
membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah.
Jika dulu riset market harus bisa dilakukan secara offline dan tak jarang membutuhkan biaya
besar, namun kini riset market sudah bisa dilakukan secara online, jauh lebih mudah dan gratis tentunya.
Sepenting apa sih riset pasar itu?

Melihat kenyataan yang ada, selera konsumen bisa berubah, pesaing bisa mengubah strategi pemasarannya hingga lebih cetar, harga-harga cepat naik dan turun dan sebagainya. Sehingga apa yang dianggap tepat satu atau dua tahun yang lewat sekarang belum tentu masih tepat juga.
Anda harus ingat, semua kebutuhan pelanggan tidak diciptakan oleh Anda, tetapi
merupakan bagian yang mendasar dari manusia. Kebutuhan tersirat dalam bentuk obyek yang akan memuaskan kebutuhan mereka, obyek itu kita kenal sebagai produk.
Bingung?
Begini penjelasannya.  Jika suatu produk sesuai kebutuhan maka akan timbulah keinginan untuk
memilikinya. Jika keinginan akan produk ini didukung oleh daya beli maka akan menimbulkan permintaan.

Nah, Anda sebagai pebisnis, mau nggak mau harus berusaha keras mempelajari dan memahami
untuk bisa memenuhi kebutuhan, keinginan dan permintaan konsumen.  Disinilah riset pasar dibutuhkan.  Intinya, yang memilih produk itu bukan Anda melainkan konsumen.

Berpedoman pada hasil riset pasar yang diperoleh berdasarkan data yang valid, alias bukan praduga semata, Anda bisa mengambil keputusan yang bisa membuat toko
online Anda semakin melesat.
Dari riset pasar Anda bisa mengetahui, siapa yang membutuhkan, dimana dibutuhkan, kapan dibutuhkan, kualitas seperti apa yang dibutuhkan.  Kapan saat-saat permintaan memuncak,
dan kapan saat-saat menurun.
Karena itulah saya memutuskan untuk bekerja sama dengan Cicah Masy'adah,
seorang pebisnis yang mencapai kesuksesan dengan memanfaatkan teknologi internet.  Cicah saya minta untuk sharing lebih jauh tentang riset di workshop SEO dan Youtube beberapa hari mendatang.
Dalam training ini Anda nanti akan di ajari pentingnya riset utk mengetahui daerah mana yang paling banyak mencari produk kita, yang nantinya bisa digunakan sebagai strategi untuk medsos marketing atau app chat marketing.

Anda juga akan belajar riset permintaan produk di online pada bulan apa? Menurun di bulan apa? Tentunya ini berguna untuk membantu Anda dalam manajemen stok ataupun manajemen produksi bahkan manajemen ketenagakerjaan.  Anda jadi tahu kapan harus genjot stok, produksi, promosi, kapan harus rem belanja stok.
Semua berdasarkan data, bukan praduga
Nah, Anda tertarik mengikutinya? Yuk segera mendaftar!

No comments: