01 May 2016

Indonesia Is Our HOME, So SPEAK UP and Make It Happen!

(Nicholas, President AIESEC Indonesia)


Hati saya berdebar melihat President AIESEC Indonesia berbicara dalam #YouthSpeak Internasional Summit dengan kecintaannya pada Indonesia yang terlihat membara.
AIESEC adalah sebuah asosiasi mahasiswa terbesar di Indonesia. AIESEC fokus pada kepemimpinan dan pengalaman internasional. Berkumpul bersama dengan mereka, merasa malu diri, usia yang muda, sarat prestasi, dan sangat menginspirasi. “Saya merasa sangat tertinggal!” batin saya.
Tapi, saya beruntung bisa menjadi bagian dari Indonesia Marketing Association yang pada kegiatan Youth Speak, International Summit kemarin menjadi salah satu undangannya. Saya jadi bisa menyerap energi dari yang muda dan rasanya tak ada kata terlambat untuk menyerap energi muda meski usia jauh di atas mereka.
Pertemuan kemarin membahas mengenai Program Sustainable Development Goals, dimana saya yang baru saja menerima mandat sebagai Vice President SDG Chapter Bandung harus belajar lebih banyak mengenai SDG.
Sustainable Development Goals baru diluncurkan pada September 2015 untuk menggantikan Millenium Development Goals (MDG), diharapkan bisa menjadi program dalam pembangunan yang berkelanjutan dengan target program bisa dicapai di tahun 2030.
Ada 3 dimensi dalam SDG yaitu Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan. Sedangkan untuk program SDG sendiri ada 17 program yaitu:
1.      Mengatasi Kemiskinan
2.      Mengakhiri Kelaparan
3.      Hidup Sehat dan Sejahtera
4.      Pendidikan yang Berkualitas
5.      Mencapai Kesejahteraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan
6.      Ketersediaan Air Bersih dan Sanitasi
7.      Akses atas energi yang Tersedia
8.      Pembangunan Ekonomi
9.      Membangun Infrastruktur untuk Industri dan Mendukung Inovasi
10.  Mengatasi Kesenjangan atas Daerah dan Negara
11.  Membangun Perkotaan dan Pemukiman
12.  Mendorong Pola Konsumsi dan Produksi
13.  Menyelamatkan Perubahan Iklim
14.  Menyelamatkan Alam
15.  Melindungi Ekosistem dan Hukum
16.  Mendorong Masyarakat yang Damai
17.  Mendorong Kemitraan
Kalau dilihat dari 17 program yang muncul, tidak berarti semua dari kita harus terlihat dalam semua program yang ada NAMUN kita bisa memilih dimana ketertarikan kita.
Saya sendiri sangat menyukai 3 poin di atas yaitu Mengatasi Kemiskinan, Pemberdayaan Perempuan, dan Mendorong Kemitraan, dimana ketiga hal tersebut bisa dikolaborasikan dalam satu kegiatan. Perempuan jika sudah diberdayakan secara ilmu, bisa mendorong tingkat ekonomi keluarga, dan akhirnya terjadi sinergi antar perempuan di berbagai level ekonomi, jenjang, pendidikan, dan lapisan sosial yang ada di dunia ini.
Bayangkan ketika perempuan kuat membantu perempuan lemah, maka perempuan lemah akan berkurang jumlahnya,
Bayangkan ketika perempuan lemah menyatukan kekuatan, maka akan hadir begitu banyak perempuan kuat di Indonesia.
Kemiskinan akan berkurang....
Perempuan akan semakin menghebat...
Kolaborasi akan menguat...
Di acara AIESEC kemarin, saya mendapatkan begitu banyak pencerahan dari kalangan pemuda Indonesia yang memang sangat muda, Nicholas, Presiden AIESEC mengatakan: "Perubahan Indonesia dimulai dari sendiri. Jangan salahkan pemerintah, jangan salahkan lingkungan, jangan salahkan siapapun, buat perubahan terbaik untuk Indonesia dari diri sendiri."

Yes, Nicholas, kamu benar! Indonesia is our home! Indonesia adalah rumah kita, semua yang ada di rumah kita adalah keluarga kita, dan perubahan Indonesia akan terjadi jika setiap anggota keluarga mengupayakannya, bukan saling menyalahkan.
Insya Allah bergabung dalam Indonesia Marketing Asscociation membuat saya semakin TERBUKA menerima ILMU BARU dan segera mengaplikasikan semua ilmu yang saya dapatkan dalam program pemberdayaan perempuan hingga Desember 2016.
Perempuan, pasti BISA!


#YouthSpeak
#Speak Up and Make It Happen


2 comments:

Jack Febrian Rusdi said...

I love Indonesia..

indari mastuti said...

makasih sudah mampir, pak Jack ^^