7 Hal yang Harus Dilakukan Perempuan Agar Melek DIGITAL!



(Salah satu sesi di IESE)



Bergabung dengan start-up dan entrepreneur muda pada kegiatan Indonesia E-Commers Summit & Expo (IESE) bukanlah sesuatu yang memalukan, meski kerapkali saya akan duduk di suatu ruangan dengan jilbab lebar dan usia dibilang dewasa banget xixixi
Bukan hanya itu, saya juga hampir setiap hari akan diskusi banyak hal dengan pemuda keren, dan nggak malu ngejar mereka untuk bertanya banyak hal hahaha
“Jadi gini, Bu, SEO itu sebetulnya ada banyak cara bisa dilakukan bla bla bla...” demikian penjelasan Albert, founder foodmam.com jebolan Singapura.
“Teh, memang saatnya perempuan melek digital” ujar Harland, CEO NewBee Corp, pemuda berprestasi yang saat ini menjadi partner sekaligus coach saya di dunia digital.
Tidak malu!  Tidak malu meski berada di kalangan yang muda berprestasi.  Usia muda dengan prestasi luar biasa!
Tanggal 27-29 April bisa dibilang awal kebangkitan saya untuk memahami lebih banyak dunia digital. Saya terpana dengan dunia internet saat ini, “Kemana saja saya selama ini?” batin saya bertubi-tubi.
(Penjelasan Daniel Tumiwa, CEO iDEA)

Perempuan, hayuk melek digital dan selama saya ada di IESE, inilah oleh-oleh saya untuk perempuan Indonesia dalam bentuk TIPS untuk Anda, perempuan yang baru memulai melek digital seperti saya J
1.       Tidak ada kata terlambat untuk mulai masuk ke dunia digital. Tidak peduli Anda perempuan ataupun laki-laki, tidak peduli apapun bisnis Anda, tidak peduli dimanapun Anda berada.
2.       Jika Anda memiliki produk yang saat ini dijual secara online, mulailah mengenal lebih banyak marketplace yang menyajikan etalase terbaik untuk produk Anda. Juallah produk Anda di marketplace yang ada sebanyak Anda mampu dan lihatlah hasilnya. Anda bisa mengevaluasi setiap pergerakannya setiap saat.
3.       Jadilah orang yang haus ilmu di dunia digital sebab dunia ini sangat cepat sekali pergerakannya. Terus tambah ilmu dan terus aplikasikan dalam bisnis Anda.
4.       Bersikaplah terbuka pada teknologi dengan siap menerima perubahan yang ada, bukan hanya pasrah, “gue mah gaptek!” say no untuk pasrah pada kegaptekan. Kecepatan Anda menerima perubahan akan membuat percepatan dalam bisnis Anda.
5.       Bergaullah di dunia digital, dengan orang-orang yang lebih paham dunia ini sehingga ilmu bisa terus berkembang.
6.       Tidak peduli persaingan di dunia digital (misal persaingan harga), jika Anda mengemas produk dan perusahaan dengan kreatif dan inovatif Anda tetap akan lebih unggul.
7.       Jangan pernah takut gagal, terus coba dan coba hingga menemukan pola yang tepat di dunia digital dalam memasarkan produk (apakah akan melalui marketplace, facebook, instagram, line, atau SEO)

Nah, perempuan, Anda sudah siap melakukannya?

No comments:

Post a Comment