10 January 2017

Standar Hidup Yang Tinggi Mencekik Diri



"Salah satu cara mengatasi biaya hidup yang serba mahal karena dollar naik adalah dengan hidup semurah mungkin!" Pesan pak Heppy Trenggono

Hidup semurah mungkin, kata-kata yang tepat untuk issue bahwa penduduk Indonesia menjadi sangat konsumtif dalam berbagai hal.

Perkembangan kartu kredit didorong oleh semakin banyaknya orang yang kerapkali hidup di atas standar penghasilan, bahkan jika pun penghasilannya besar tidak berarti biaya hidup harus besar.

Jika hanya mampu membeli nasi goreng di pinggir jalan, kenapa harus memaksakan makan di cafe?
Jika hanya mampu menggunakan motor, kenapa harus memaksakan mengkredit mobil?
Jika hanya mampu mencukupi kebutuhan makan setiap bukan, kenapa memaksakan membeli baju harganya mahal?
Bahkan jika Anda bisa membeli makanan di cafe mahal, bisa membeli mobil, bisa membeli baju yang mahal, haruskah melakukannya?

Jangan membeli sesuatu karena INGIN tapi karena BUTUH
Standar hidup yang tinggilah yang mencekik diri.
Buatlah standar hidup sederhana, meskipun penghasilan luar biasa, sebab hidup sederhana akan menyelamatkan di masa yang akan datang.

Apakah hidup sederhana itu sulit?  Coba Anda simak gaya hidup berikut ini :

  • Membiasakan membawa bekal makanan dari rumah saat bepergian
  • Menghargai uang receh.  Seringkali kita mengabaikan keberadaan uang receh, padahal uang receh ya uang juga.
  • Menerapkan gaya hidup sehat.  Apabila Anda sakit, bagaimana bisa hemat? Pastikan Anda menjaga keseimbangan waktu antara jam bekerja dan istirahat.  Miliki pola makan yang sehat.  Berolahragalah.  Berolahraga demi kesehatan tidak selalu memerlukan biaya mahal.  Banyak pilihan berolahraga yang murah sekaligus menyenangkan.  Contohnya lari pagi bersama suami tercinta.
  • Memilah-milah antara kebutuhan dan keinginan.  Bagi kaum perempuan ini hal yang paling sulit.  Godaan diskon seringkali membuat kita melakukan impulse buying.  Selalu siapkan catatan belanja dari rumah dan tentukan juga maksimum uang yang akan Anda belanjakan setiap kali pergi ke mall.
  • Membiasakan membuat personal/family budgeting untuk semua kebutuhan kita.  Sekarang ini banyak aplikasi di gadget yang akan membantu Anda membuat dan mengontrol budgeting Anda.

Terimakasih pak Heppy, obrolan inspiratif dengan bapak akan saya share sebagai wujud pergerakan Indonesia ke arah yang lebih baik

No comments: