24 November 2016

Pentingnya Komunikasi dan Kekuatan Mental bagi Seorang Tenaga Penjual




Tenaga Penjual tanpa kecakapan berKOMUNIKASI saya bilang nihil. KOMUNIKASI sangat dibutuhkan oleh semua Tenaga Penjual. Bagaimana tiba-tiba saya mampu membangunkan relasi-relasi “mati” perusahaan, bagaimana saya mampu menjadi jembatan antara perusahaan dan relasi demi tercapainya kepuasan bersama, bagaimana saya bisa membangun hubungan baik antara semua pihak tak lepas dari pola komunikasi yang saya lakukan.

Bisnis adalah komunikasi.

Selain komunikasi, KEKUATAN MENTAL juga memiliki peranan penting yang harus dimiliki oleh tenaga penjual.  Banyak sekali dari kita yang hampir tidak mau menjadi seorang tenaga penjual, image yang terbentuk adalah betapa sulitnya menjual suatu produk, belum lagi menemui banyak pelecehan oleh orang-orang yang tidak menghargai profesi seperti mengusir, mencaci, menolak dengan sinis dan lain-lain.  

Bagaimana tidak merosot mental seseorang jika tiap hari menghadapi PENOLAKAN? Bisa saja terjadi penurunan semangat tapi untuk si MENTAL kuat hal ini justru semakin menggairahkan semangatnya.  Yang mentalnya DOWN akan gugur.  Si MENTAL kuat akan bertahan dan jangan salah si MENTAL KUAT inilah yang akan menuai panen di masa yang akan datang.  

Profesi SALES itu akan mengalami seleksi alam atau tambal sulam setiap saat.  Keluar masuk karyawan terbanyak adalah di divisi SALES!  Hanya yang mempersiapkan diri dengan baik yang bisa BERTAHAN dan terus membaik. 

 Jangan lupa tambah terus ILMU di dunia SALES karena ilmu sangat penting sebagai modal Anda berjuang di dunia ini.  Oh ya, SALES jangan hanya fokus pada PELANGGAN BARU tapi juga merawat PELANGGAN LAMA.  Bahkan sambungkan pelanggan baru dengan pelanggan lama : Networking akan semakin berkembang dan tanpa kita duga berbagi koneksi bukan sekedar memperkenalkan orang namun dapat menguatkan bisnis kita.

Networking itu penting.  Semua orang sudah sangat memahaminya.  Mungkin saja tidak dalam waktu dekat networking kita memberi dampak positif, tetapi di masa depan bisa jadi networkinglah yang menyebabkan bisnis kita makin banyak menjaring pelanggan dan semakin berkembang.  Bagaimana menurut Anda?

No comments: