31 July 2016

Perempuan Indonesia Berkarya Untuk Indonesia



Alhamdulillah tanggal 29 Juli 2016 yang lalu acara kopdar dengan penulis dari Dubai dan Turki berjalan lancar.
Dua perempuan Indonesia ini memang tidak tinggal di Indonesia, satu di Dubai, satu lagi di Turki. Tapi, jangan tanya karya yang mereka hasilkan untuk Indonesia.

Utari Giri dari Dubai menulis buku dan disebarluaskan untuk perempuan Indonesia, beliaupun aktif dalam kegiatan sosial di negara kita tercinta. Jarak tidak membuat beliau berhenti mencintai tanah kelahirannya.

Dian Akbas dari Turki, menikah dengan pria kebangsaan Turki tidak membuatnya lupa Indonesia. Beliau aktif menulis buku laris di Indonesia misalnya saja "Womanpreneur CheckList" dan "Muslimah Mompreneur". Selain menjadi penulis beliau adalah PEBISNIS di dunia fashion.
Yang ingin saya garis bawahi dari kopdar kali ini, penulis adalah profesi yang bisa dilakukan siapa saja, dari latar belakang apa saja dan berada di mana saja.  Menulis bisa menjadi alat dokumentasi kegiatan kita, menulis juga bisa menjadi tempat kita berbagi kisah dan pengalaman.  
Pengalaman tinggal di luar negeri memang sangat menarik untuk dibagi lewat tulisan, karena akan memuaskan keingintahuan pembaca yang belum pernah tinggal di sana.  Namun bagi Anda yang belum mempunyai pengalaman tinggal di luar negeri bukan berarti tidak ada pengalaman menarik yang bisa Anda tuliskan.  Pengalaman masa kecil Anda misalnya, pengalaman yang selalu layak untuk selalu dikenang.  Bukankah di sana Anda akan menemukan perbedaan dengan kehidupan Anda sekarang? Dan itu sungguh ajaib bukan? Siapa yang bisa menerka masa depan selain Anda terus menerus melakukan yang terbaik dalam proses perjalanan menuju ke arah yang lebih baik?
Saya selalu berharap kebersamaan saya dengan para perempuan yang juga mempunyai passion menulis ini akan membuat kami semua lebih mudah memelihara motivasi menulis kami.
Apa penting memelihara motivasi menulis?  Tentu saja.  Motivasi yang besar akan membuat  seorang penulis akan selalu konsisten menulis dan tak pernah merasa bosan untuk menulis. 
Bergabung dengan komunitas penulis untuk mengikuti diskusi-diskusi ringan, selain bisa memacu semangat kita untuk terus menulis, diskusi dengan sesama penulis maupun penerbit bisa mengasah pemikiran outside to inside.  Terutama kemampuan untuk melihat kebutuhan pasar.  Sehingga seorang penulis bisa membuat strategi untuk meningkatkan skill menulis dan menghasilkan karya yang menarik serta mudah diserap pasar. 
Nah bagaimana menurut Anda para perempuan penulis? Siap terus menulis dan berkarya untuk Indonesia dimanapun Anda berada?

No comments: