12 May 2016

Manajemen Waktu Itu Kuncinya KOMITMEN dengan Waktu



Hampir memasuki pertengahan tahun 2016 semangat saya untuk merancang dan menjalankan berbagai MIMPI dalam hal pemberdayaan perempuan semakin menggelora. Ya, pemberdayaan perempuan khususnya Ibu Rumah Tangga sudah saya jalankan secara konsisten dalam beberapa tahun ini, yaitu sejak berdirinya komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis yang berdiri tahun 2010, lalu komunitas Ibu-ibu Doyan Bisnis yang berdiri pada tahun 2011, puncaknya ketika saya mendirikan Sekolah Perempuan di tahun 2013.
Banyak hal yang menarik ketika saya terjun bebas dalam kegiatan perempuan. Dengan tujuan untuk membuat semua anggota bisa melejitkan produktivitas dari rumah, bukan tanpa kendala dalam pembimbingannya. Sebagian besar adalah cara berpikir bahwa pekerjaan rumah saja sudah terlalu banyak atau berat apalagi jika ditambah kegiatan baru, misalnya kegiatan menulis atau berbisnis.
Meski begitu, ada begitu banyak perempuan yang semangat untuk mendorong dirinya sendiri untuk terus berprestasi dan berkarya walau kondisinya pun sama dengan perempuan lainnya: Memulai dari nol, memiliki anak balita, tidak memiliki asisten rumah tangga, hingga pekerjaan rumah yang tidak ada habis-habisnya. Perempuan inilah yang memiliki mimpi yang luar biasa dan siap bermetamorfosa menjadi perempuan "multitasking" yang bukan hanya memberi kebanggaan pada keluarga tapi kepuasan pada dirinya sendiri.
Namun, memang menjadi multitasking bukanlah persoalan mudah karena harus kita pahami bahwa perempuan bukanlah superwoman. Salah satu yang harus dikelola dalam hal ini adalah bagaimana perempuan bisa meMANAJEMENI WAKTUnya setiap hari.
Manajemen waktu itu kuncinya komitmen dengan waktu.  Komitmen untuk disiplin dengan jadwal kegiatan harian yang sudah kita tentukan.  Komitmen untuk terus konsisten menjalankan semua yang sudah kita tetapkan.
Jika manajemen waktu berhasil dengan baik maka proses menjadi perempuan multitasking akan berjalan dengan baik. Jika manajemen waktu berjalan dengan lancar maka produktivitas perempuan akan berjalan dengan lancar. Lalu, produktivitas dalam hal apa? produktivitas disini bisa menyesuaikan dengan minat, bakat dan kemampuan masing-masing individu.
Mereka yang berminat menulis maka bisa menjadi PENULIS, mereka yang berbakat berbisnis maka bisa membangun BISNIS dari rumah, dan mereka yang ingin meneruskan hobi membuat aneka kerajinan maka bisa menekuni bidang ini di sela aktivitas kesehariannya.

Anda tentu ingin menjadi salah satu dari mereka bukan? Yuk kita mulai dengan berkomitmen pada manajemen waktu!

No comments: