09 May 2016

Kenapa Semua Orang Harus Jadi Sales

(Kemampuan sales adalah investasi bisnis)


Pengalaman saya di dunia sales sudah dimulai sejak saya  masih duduk di bangku SMA.  Jualan saya pertama adalah tulisan saya.  Jiwa sales saya terus membuncah seiring waktu sehingga ketika akhirnya saya mendirikan usaha sendiri.  Bagi saya, apapun produknya sales itu urusan nomor satu.
Ya, apapun pekerjaan atau bisnis yang dijalankan, tanpa kemampuan sales pasti bisnisnya tidak akan berjalan dengan baik.  Misalnya saja seorang penulis yang malas mempromosikan dan menjual bukunya akan membuat angka penjualan bukunya tidak optimal.  Atau seorang perempuan yang pintar membuat kue namun malu-malu dalam menjual, jangan berharap bisa maksimal hasil penjualan kuenya.
Sedemikian pentingnya sales, namun tidak semua menyadari bahwa pada saat ini, menjadi sales bukan lagi merupakan profesi semata melainkan merupakan kebutuhan di berbagai aktivitas. 
Sayangnya bagi sebagian orang, sales masih menjadi sebuah gerakan malu-malu, aktivitas yang dilakukan dengan malas-malasan dan merupakan satu pekerjaan yang tidak dijalankan dengan senang hati.
Padahal di dunia sales yang penting adalah percaya diri, ketekunan dan pantang menyerah.
Banyak perempuan yang menyerah dalam hal sales bahkan dengan berbagai alasan merasa sales bukan bidangnya.  Mindset seperti ini yang harus diubah.  Keahlian sales itu persis seperti keahlian menulis, hanya bisa dimiliki jika prosesnya terus dijalankan.  Awalnya mungkin malu bahkan malu banget tapi seiring dengan dijalankan prosesnya, yakinlah Anda akan semakin berani menjual tanpa ada perasaan malu dan malas lagi.
Langkah awal menjalankan proses sales adalah mengenali produk yang Anda tawarkan sebaik mungkin.  Semakin mengenali produk semakin lancar proses edukasi produk dan proses menjual dilapangan.
Langkah berikutnya adalah bersahabat dengan calon pembeli Anda.  Karena dengan hubungan personal, Anda akan menikmati proses sales menajadi lahan untuk silaturahmi dan belajar. 
Langkah pamungkas adalah siap ditolak.  Saat menjual jangan takut ditolak.  Yakinlah, walau ditolak satu orang masih ada seribu orang yang bersedia membeli produk Anda.

Nah, sudahkah Anda menjadi sales?  Happy selling!

No comments: