Bisnis Rugi? Introspeksi Diri!



Bisnis Anda merugi?  Saatnya introspeksi diri, saatnya mengevaluasi bisnis Anda.
Apapun bentuk bisnis Anda  dan bagaimanapun kondisinya, apalagi saat merugi, introspeksi diri dan evaluasi bisnis adalah suatu keharusan untuk keberlanjutan bisnis Anda.  Maksudnya tentu untuk keberlanjutan yang lebih baik
Bagaimana memulai introspeksi diri dan evaluasi bisnis?  Jawab dulu pertanyaan-pertanyaan berikut.
1.      Bagaimana kondisi penjualan Anda.  Apakah menunjukkan kenaikan atau penurunan.  Coba Anda lihat laporan penjualan, lihat per semester akhir, per enam bulan terakhir atau satu tahun terakhir, di awal tahun hingga penutup tahun.  Apakah positif atau negatif?  Jika positif lakukan evaluasi produk mana yang paling laku dan kenapa laku, apakah karena Anda sudah melakukan perbaikan pada produk atau karena pesaing Anda yang kurang berinovasi?  Begitupun sebaliknya jika kondisi penjualan menurun lakukan juga instrospeksi diri dan evaluasi.
2.      Bagaimana kondisi keuntungan perusahan?  Apakah menunjukkan keuntungan atau kerugian?  Bisa jadi walaupun penjualan Anda Bagus, tapi Anda merugi.  Hal ini   karena berbagai alasan lainnya.  Kalau sudah begitu tentu Anda harus segera melakukan tindakan berarti agar kerugian tidak berkepanjangan.  Namun jika kondisi keuntungan sudah positif, maka tinggal menguatkan apa yang sudah Anda jalankan dan antisipasi jika ada kejadian terburuk akan dialami
3.      Bagaimana kondisi pasar? Apakah pesaing Anda semakin banyak atau produk sejenis makin banyak? Coba cermati kembali pasar yang dimiliki masih menggiurkan atau sudah semakin sempit?  Jika memang Anda serius merebut pasar itu, walaupun pesaing sudah semakin banyak, maka yang harus dilakukan adalah berpikir untuk melakukan hal yang lebih dibandingkan pesaing
4.      Bagaimana tim Anda? Apakah sudah memiliki tim yang tangguh Lihatlah ke intern perusahaan apakah memiliki orang-orang yang bisa diandalkan untuk menghande bisnis dengan baik, atau memang menjalankan bisnis seorang diri?  Mungkin sudah saatnya Anda membentuk satu tim yang handal untuk menumbuhkembangkan bisnis .  Kalau memang belum ada, cari dari sekarang.
5.      Bagaimana promosi produk Anda? Apakah masih konvensional atau sudah serba digital? Seefektif apakah? Tidak banyak perusahaan yang paham bagaimana cara mempromosikan produk mereka karena kadang ada juga produk yang tanpa promosi tetap laku
Pertanyaan-pertanyaan diatas harus Anda jawab sebagai bahan introspeksi diri dan evaluasi.  Apakah proses bisnis yang lama akan dipertahankan atau tidak?  Jika tidak, bagaimana proses baru yang akan Anda jalankan? 
Jika dalam menemukan solusi Anda menemukan kebuntuan, nah, inilah saatnya membutuhkan Mentor bisnis.  Mentor inilah yang akan membantu menemukan jawaban atas masalah-masalah bisnis Anda.

Jadi saat bisnis rugi, segera introspeksi diri.  Jangan sampai terlambat ya!

No comments:

Post a Comment