Bisnis
Anda merugi? Saatnya introspeksi diri,
saatnya mengevaluasi bisnis Anda.
Apapun
bentuk bisnis Anda dan bagaimanapun
kondisinya, apalagi saat merugi, introspeksi diri dan evaluasi bisnis adalah
suatu keharusan untuk keberlanjutan bisnis Anda. Maksudnya tentu untuk keberlanjutan yang
lebih baik
Bagaimana
memulai introspeksi diri dan evaluasi bisnis?
Jawab dulu pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Bagaimana
kondisi penjualan Anda. Apakah menunjukkan kenaikan atau penurunan. Coba Anda
lihat laporan penjualan, lihat per semester akhir, per enam bulan terakhir atau
satu tahun terakhir, di awal tahun hingga penutup tahun. Apakah positif atau negatif? Jika positif lakukan evaluasi produk mana
yang paling laku dan kenapa laku, apakah karena Anda sudah melakukan perbaikan
pada produk atau karena pesaing Anda yang kurang berinovasi? Begitupun sebaliknya jika kondisi penjualan menurun
lakukan juga instrospeksi diri dan evaluasi.
2. Bagaimana
kondisi keuntungan perusahan? Apakah
menunjukkan keuntungan atau kerugian?
Bisa jadi walaupun penjualan Anda Bagus, tapi Anda merugi. Hal ini karena
berbagai alasan lainnya. Kalau sudah
begitu tentu Anda harus segera melakukan tindakan berarti agar kerugian tidak
berkepanjangan. Namun jika kondisi
keuntungan sudah positif, maka tinggal menguatkan apa yang sudah Anda jalankan
dan antisipasi jika ada kejadian terburuk akan dialami
3. Bagaimana
kondisi pasar? Apakah pesaing Anda semakin banyak atau produk sejenis makin banyak?
Coba cermati kembali pasar yang dimiliki
masih menggiurkan atau sudah semakin sempit?
Jika memang Anda serius merebut pasar itu, walaupun pesaing sudah
semakin banyak, maka yang harus dilakukan
adalah berpikir untuk melakukan hal yang lebih dibandingkan pesaing
4. Bagaimana
tim Anda? Apakah sudah memiliki
tim yang tangguh Lihatlah ke intern perusahaan apakah memiliki orang-orang yang
bisa diandalkan untuk
menghande bisnis dengan baik, atau memang menjalankan bisnis seorang diri? Mungkin sudah saatnya Anda membentuk satu tim
yang handal untuk menumbuhkembangkan bisnis .
Kalau memang belum ada, cari dari sekarang.
5. Bagaimana
promosi produk Anda? Apakah masih konvensional atau sudah serba digital? Seefektif
apakah? Tidak banyak perusahaan yang paham bagaimana cara mempromosikan produk
mereka karena kadang ada juga produk yang tanpa promosi tetap laku
Pertanyaan-pertanyaan
diatas harus Anda jawab sebagai bahan introspeksi diri dan evaluasi. Apakah proses bisnis yang lama akan
dipertahankan atau tidak? Jika tidak,
bagaimana proses baru yang akan Anda jalankan?
Jika
dalam menemukan solusi Anda menemukan kebuntuan, nah, inilah saatnya membutuhkan
Mentor bisnis. Mentor inilah yang akan
membantu menemukan jawaban atas masalah-masalah bisnis Anda.
Jadi
saat bisnis rugi, segera introspeksi diri.
Jangan sampai terlambat ya!
No comments:
Post a Comment