09 May 2016

7 Hal yang Harus Dihindari Saat Bernetworking

(Say No untuk FITNAH)

Networking itu penting.  Semua orang sudah sangat memahaminya.  Mungkin saja tidak dalam waktu dekat networking kita memberi dampak positif, tetapi di masa depan bisa jadi networkinglah yang menyebabkan bisnis kita makin banyak menjaring pelanggan dan semakin berkembang.
Namun pernahkah Anda merasa terluka karena seseorang di networking Anda yang dianggap partner kerja, sahabat baik atau rekan bisnis tiba-tiba memblack campaign Anda di belakang?
Bagaimana jika hal itu terjadi? Bagaimana membuat networking Anda tetap sehat dengan adanya orang-orang seperti itu didalamnya?  Berikut adalah 7 hal yang harus dihindari saat bernetworking:
1.      Kesalahan berkomunikasi.  Kerapkali persoalan muncul saat bernetworking diakibatkan kesalahan komunikasi.  Komunikasi yang kurang tepat tidak memunculkan tabayyun justru seringnya memunculkan gossip panas.
2.      Menerka-nerka.  Apabila terjadi black campaign pada Anda jangan menerka-nerka penyebabnya atau bertanya sana-sini.  Lebih baik Anda bertanya pada orang yang Anda anggap melakukan hal tersebut.  Apa alasannya? Apa persoalannya? Apa ada masalah dengan hubungan Anda dan orang tersebut?
3.      Merasa paling benar.  Selalu lakukan introspeksi diri.  Mungkin saja yang memblack campaign Anda tidak akan mengakui sepenuhnya apa yang dilakukan.  Andapun jangan merasa paling benar.  Lakukan introspeksi, jangan-jangan ada yang salah dengan kerjasama atau langkah Anda.
4.      Mengkhianati kepercayaan.  Kepercayaan harganya mahal, jangan pernah mencoreng dengan melakukan hal-hal yang melanggar etika bisnis dan integritas Anda sebagai pebisnis.
5.      Mengingat-ngingat masa lalu.  Tiap orang pasti pernah melakukan kesalahan.  Apabila masalah telah terselesaikan, segera lupakan, jangan sampai membuat hubungan jadi renggang atau putus.
6.      Terpaku pada satu atau beberapa orang saja.  Carilah banyak orang yang potensial menjadi rekan bisnis.  Anda tidak bisa memaksa semua orang untuk menyukai Anda.  Jadi jangan risau jika ada yang menjauh dari Anda.  Percayalah.  Insya Allah Anda akan didatangi orang-orang yang lebih baik dan ikhlas bersama Anda.
7.      Memperuncing masalah.  Setiap ditanya “kenapa kok ….?”  Oleh banyak orang karena seeorang atau beberapa orang pergi dari saya dengan berbagai alasan, saya selalu mencoba tidak menjawab.  Menjawab hanya akan memperuncing masalah yag menurut saya sebetulnya itu bukan masalah.
Dalam bernetworking kita memang harus bersiap mengecap hal manis dan pahit sekaligus.  Karena pada dasarnya karakter manusia bermacam-macam.  Kita tidak bisa memaksa semua orang sejalan dengan kita.  Jadikan setiap masalah yang muncul sebagai pembelajaran.  Sikapi dengan bijaksana. Itu akan membuat networking kita semakin kuat dan bermanfaat.  Mari bersama-sama membangun networking yang sehat!


No comments: