22 May 2016

Kapan Waktu yang Tepat Berpromosi?

Promosi bagi sebuah bisnis merupakan panah terdepan yang sangat menentukan
berkembang atau tidaknya sebuah bisnis, laku tidaknya suatu produk, dikenal atau tidaknya sebuah produk yang ditawarkan ke pasar.

Mekipun produk suatu usaha yang dihasilkan sangat bagus, tetapi jika tidak ditunjang oleh promosi yang handal tentu perkembangan serta pengusaan pasarnya tidak akan tercapai dengan maksimal.  Lantas, bagaimana pola promosi untuk pebisnis awal?

Pertama, buatlah pola promosi yang efektif.  Disinilah diperlukan kejelian dan ketepatan.  Pembacaan keadaan pasar yang tepat sangat dibutuhkan untuk dapat melahirkan sebuah promosi yang efektif.  Tentu saja promosi yang efektif ini hanya akan bisa dicapai jika kita rajin turun ke pasar mengadakan survey dan mengikuti perkembangan keaddan pasar dengan seksama.

Kedua, buatlah data base calon konsumen Anda.  Coba lihat friendlist Anda di facebook, catatan nomor telepon kawan lama dan kartu nama yang sudah Anda simpan hingga berdebu.  Bisa jadi merekalah prospek cerah untuk bisnis Anda.

Ketiga, percaya diri dan optimis.  Sifat yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis adalah percaya diri dan optimis.  Kalau pebisnis saja sebagai pemberi penawaran tidak percaya diri dengan produk yang ditawarkan, bagaimana bisa meyakinkan orang lain untuk menerima penawaran kita.  Perasaan optimis penawaran kita mendapat feedback positif dan berhasil akan memancarkan aura persuasive yang tinggi bagi calon konsumen.

Keempat, out of the box.  Berani menciptakan inovasi baru, yaitu tidak hanya menawarkan produk dengan cara yang sudah ada selama ini, tapi menciptakan cara penawaran baru yang kreatif dan tepat sasaran.  Salah satu cara untuk menciptakan pola promosi out of the box adalah Anda harus mengetahui dengan pasti apa yang dilakukan oleh usaha-usaha sejenis dalam mempromosikan produknya, lalu ambil, tiru dan modifikasi.

Nah, kapan waktu yang tepat berpromosi?
SEKARANG!

Kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun!
Oleh siapapun?
Iya.  Dalam satu kesempatan bertemu dengan sejumlah pengusaha. Saya mencoba sebuah kripik yang rasanya enak dan untuk sebuah produk baru kripik ini unik dan tampilannyapun menarik.

Tempo hari, saya juga pernah kepincut sama sebuah yogurt yang rasanya bikin ketagihan.  Lalu, apa yang kemudian saya lakukan? Dengan senang hati saya mempromosikannya ke beberapa relasi lainnya.  Dua merek tersebut adalah merek baru tapi rasanya boleh diadu.

Ini yang saya namakan dengan kekuatan promosi dari mulut ke mulut dan ternyata JAUH LEBIH EFEKTIF dari pola promosi apapun.  Nggak percaya? Mari kita buktikan dan lihat hasilnya. Kita perbaiki pola promosi, produk dan jadikan siapapun yang mencoba produk kita langsung jadi marketing kita SEKARANG!

No comments: