Promosi bagi sebuah bisnis merupakan panah terdepan yang sangat menentukan
berkembang atau tidaknya sebuah bisnis, laku tidaknya suatu produk, dikenal atau tidaknya sebuah produk yang ditawarkan ke pasar.
Mekipun produk suatu usaha yang dihasilkan sangat bagus, tetapi jika tidak ditunjang oleh promosi yang handal tentu perkembangan serta pengusaan pasarnya tidak akan tercapai dengan maksimal. Lantas, bagaimana pola promosi untuk pebisnis awal?
Pertama, buatlah pola promosi yang efektif. Disinilah diperlukan kejelian dan ketepatan. Pembacaan keadaan pasar yang tepat sangat dibutuhkan untuk dapat melahirkan sebuah promosi yang efektif. Tentu saja promosi yang efektif ini hanya akan bisa dicapai jika kita rajin turun ke pasar mengadakan survey dan mengikuti perkembangan keaddan pasar dengan seksama.
Kedua, buatlah data base calon konsumen Anda. Coba lihat friendlist Anda di facebook, catatan nomor telepon kawan lama dan kartu nama yang sudah Anda simpan hingga berdebu. Bisa jadi merekalah prospek cerah untuk bisnis Anda.
Ketiga, percaya diri dan optimis. Sifat yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis adalah percaya diri dan optimis. Kalau pebisnis saja sebagai pemberi penawaran tidak percaya diri dengan produk yang ditawarkan, bagaimana bisa meyakinkan orang lain untuk menerima penawaran kita. Perasaan optimis penawaran kita mendapat feedback positif dan berhasil akan memancarkan aura persuasive yang tinggi bagi calon konsumen.
Keempat, out of the box. Berani menciptakan inovasi baru, yaitu tidak hanya menawarkan produk dengan cara yang sudah ada selama ini, tapi menciptakan cara penawaran baru yang kreatif dan tepat sasaran. Salah satu cara untuk menciptakan pola promosi out of the box adalah Anda harus mengetahui dengan pasti apa yang dilakukan oleh usaha-usaha sejenis dalam mempromosikan produknya, lalu ambil, tiru dan modifikasi.
Nah, kapan waktu yang tepat berpromosi?
SEKARANG!
Kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun!
Oleh siapapun?
Iya. Dalam satu kesempatan bertemu dengan sejumlah pengusaha. Saya mencoba sebuah kripik yang rasanya enak dan untuk sebuah produk baru kripik ini unik dan tampilannyapun menarik.
Tempo hari, saya juga pernah kepincut sama sebuah yogurt yang rasanya bikin ketagihan. Lalu, apa yang kemudian saya lakukan? Dengan senang hati saya mempromosikannya ke beberapa relasi lainnya. Dua merek tersebut adalah merek baru tapi rasanya boleh diadu.
Ini yang saya namakan dengan kekuatan promosi dari mulut ke mulut dan ternyata JAUH LEBIH EFEKTIF dari pola promosi apapun. Nggak percaya? Mari kita buktikan dan lihat hasilnya. Kita perbaiki pola promosi, produk dan jadikan siapapun yang mencoba produk kita langsung jadi marketing kita SEKARANG!
Kapan Waktu yang Tepat Berpromosi?
Tags
dunia bisnis
Nama saya, Indari Mastuti Rezky Resmiyati Soleh Addy, TAPI nama sepanjang ini sukar banget diingat, jadi nama pena yang saya gunakan dalam berbagai buku yang saya tulis adalah Indari Mastuti. Beberapa buku diantaranya menggunakan nama pena Bunda Nanit.
Hobi MENULIS sudah saya lakukan sejak SD, kelas 4 SD saya bercita-cita jadi PENULIS BUKU. Barangkali semangat inilah yang membuat saya akhirnya berjuang untuk mewujudkan mimpi ini.
Tahun 1996 mulai mempublikasikan tulisan di berbagai media cetak baik lokal maupun nasional. Tahun 2004 mulai menulis buku pertama dan akhirnya pada tahun 2007 saya merintis usaha agensi naskah dengan nama Indscript Creative ini, alhamdulillah, perusahaan itu mampu bertahan hingga kini. Bahkan sekarang berkembang menjadi dua lini inti, yaitu jasa copywriting dan training center. Nama Indscript sendiri telah bermetamorfosa menjadi Indscript corp.
Saat ini saya sudah menulis 61 judul buku serta 10 biografi tokoh di Indonesia.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment