(Sebuah buku yang mengupas Marketing secara kreatif)
Mencari
karyawan bukanlah perkara mudah.
Beberapa tahun silam,
pebisnis biasanya akan memasang iklan di media cetak untuk mencari karyawan
yang tepat untuk menempati posisi yang dibutuhkan. Namun di zaman serba digital sekarang ini
memanfaatkan media sosial untuk mencari karyawan bukanlah sesuatu yang
mustahil. Biaya dan waktu Anda akan
lebih efisien ketimbang jika Anda memuat iklan lowongan kerja di media cetak. Di luar negeri sudah sekitar 37% perusahaan
besar yang telah menggunakan media sosial untuk mencari karyawan baru yang
cocok dengan mereka.
Media
sosial facebook, misalnya, dengan menggunakan facebook dalam sekejap Anda bisa
menemukan profil karyawan yang sesuai dengan kriteria yang Anda butuhkan.
Melalui
facebook Anda juga bisa membaca status-status si pencari kerja sebagai upaya
awal untuk memiliki gambaran apakah dia cocok bekerja di tempat Anda atau
tidak.
Berikut
ini adalah hal-hal yang dapat Anda temukan dari akun si pencari kerja :
Pertama,
Anda bisa mengetahui berbagai macam informasi si pencari kerja seperti dimana
dia kuliah, kapan dia lulus, dimana dia terakhir kali bekerja dan banyak info
lainnya.
Kedua,
Lihatlah status terbaru si pencari kerja, Anda bisa menilai bagaimana dia
bersosialisasi dan berkomunikasi di media sosial. Anda tentu tak menginginkan karyawan Anda
merupakan orang yang senang mencaci maki atau berkata-kata buruk di media
sosial.
Ketiga,
Anda dapat mengetahui keahlian dan minat si pencari kerja dari foto-foto yang
sering dia upload. Orang biasanya akan
sering memposting hal-hal yang berhubungan dengan keahlian atau
kepandaian. Misalnya seorang yang pandai
membuat kue, akun facebooknya akan banyak berisi foto kue-kue buatannya. Demikian pula dengan seseorang yang memiliki
keahlian fotografi, mereka akan sering mengupload foto-foto hasil karya
mereka. Banyak orang yang menjadikan
facebook sebagai portfolio mereka.
Tidak
dapat dipungkiri bahwa facebook memang telah banyak mengubah cara manusia
bersosialisasi dan berkomunikasi.
Melalui facebook banyak pebisnis yang meraup untung jutaan rupiah
perhari. Nah seperti halnya Anda
mempromosikan produk di facebook, kenapa Anda tidak mulai memanfaatkan jejaring
sosial ini untuk mencari karyawan? Happy
hunting!
No comments:
Post a Comment