06 May 2016

Cari Karyawan? Dari Facebook Aja!

(Sebuah buku yang mengupas Marketing secara kreatif)

Mencari karyawan bukanlah perkara mudah.  Beberapa tahun silam, pebisnis biasanya akan memasang iklan di media cetak untuk mencari karyawan yang tepat untuk menempati posisi yang dibutuhkan.  Namun di zaman serba digital sekarang ini memanfaatkan media sosial untuk mencari karyawan bukanlah sesuatu yang mustahil.  Biaya dan waktu Anda akan lebih efisien ketimbang jika Anda memuat iklan lowongan kerja di media cetak.  Di luar negeri sudah sekitar 37% perusahaan besar yang telah menggunakan media sosial untuk mencari karyawan baru yang cocok dengan mereka.
Media sosial facebook, misalnya, dengan menggunakan facebook dalam sekejap Anda bisa menemukan profil karyawan yang sesuai dengan kriteria yang Anda butuhkan. 
Melalui facebook Anda juga bisa membaca status-status si pencari kerja sebagai upaya awal untuk memiliki gambaran apakah dia cocok bekerja di tempat Anda atau tidak. 
Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda temukan dari akun si pencari kerja :
Pertama, Anda bisa mengetahui berbagai macam informasi si pencari kerja seperti dimana dia kuliah, kapan dia lulus, dimana dia terakhir kali bekerja dan banyak info lainnya.
Kedua, Lihatlah status terbaru si pencari kerja, Anda bisa menilai bagaimana dia bersosialisasi dan berkomunikasi di media sosial.  Anda tentu tak menginginkan karyawan Anda merupakan orang yang senang mencaci maki atau berkata-kata buruk di media sosial.
Ketiga, Anda dapat mengetahui keahlian dan minat si pencari kerja dari foto-foto yang sering dia upload.  Orang biasanya akan sering memposting hal-hal yang berhubungan dengan keahlian atau kepandaian.  Misalnya seorang yang pandai membuat kue, akun facebooknya akan banyak berisi foto kue-kue buatannya.  Demikian pula dengan seseorang yang memiliki keahlian fotografi, mereka akan sering mengupload foto-foto hasil karya mereka.  Banyak orang yang menjadikan facebook sebagai portfolio mereka.

Tidak dapat dipungkiri bahwa facebook memang telah banyak mengubah cara manusia bersosialisasi dan berkomunikasi.  Melalui facebook banyak pebisnis yang meraup untung jutaan rupiah perhari.  Nah seperti halnya Anda mempromosikan produk di facebook, kenapa Anda tidak mulai memanfaatkan jejaring sosial ini untuk mencari karyawan?  Happy hunting!

No comments: