29 June 2015

Bangkrut !


Status-status saya yang terkait dengan bisnis ternyata telah membuka berbagai pertemanan di dunia facebook. Hampir tiap hari respon tentang status masuk ke inbox. Ada macam-macam cerita yang diinformasikan oleh teman baru dalam bisnisnya, lalu biasanya saya diminta oleh mereka memberikan pandangan terkait bisnis. Saya mencoba memberikan pandangan dalam sisi pengalaman saya saja kalau begitu ;)
 
Well, ya, 8 tahun bukan waktu yang panjang untuk sebuah bisnis dan terlalu singkat untuk belajar banyak dalam bisnis namun cukup banyak memberi makanan bergizi untuk isi kepala termasuk ketika bisnis dalam kondisi labil.
Dalam banyak buku kisah sukses, para pengusaha nyaris pernah mengalami yang namanya gulung tikar alias bangkrut, namun kebangkrutan yang kerapkali memunculkan kekuatan baru untuk tumbuh. Mereka pantang menyerah!


Bangkrut, apalagi namanya jika perusahaan sayapun pernah melepaskan pegawai satu persatu karena tidak mampu menggaji, omzet turun drastis, dan tagihan membludak. Posisi yang minus yang saya alami namun tidak membuat semangat saya tergerus. Saya mencari cara untuk kembali survive dan tumbuh dengan BISNIS yang SAMA namun KEMASAN yang BERBEDA.
Tidak banyak yang tahu kondisi minus tersebut pernah terjadi, kehilangan satu persatu aset, dan kehilangan semua, ya, kembali ke titik NOL.
Tapi...saya masih disini dan masih dengan bisnis yang sama. Dunia Copywriting dan Training adalah dunia saya! 


Siapapun Anda, apapun bisnis Anda, jangan berhenti karena ada dalam posisi bangkrut, semangat dan perjuangan Anda akan membantu untuk kembali tumbuh...

Note: Bangkrut sesungguhnya bukan ketika Anda kehilangan aset tapi karena Anda kehilangan semangat untuk bergerak dan tumbuh

No comments: