30 June 2015

Sales



Selepas sahur, saya dan suami diskusi mengenai perpetaan bisnis di Indonesia, setelah kemarin siang saya bertemu seorang sahabat yang bekerja di sebuah bank terbesar di Indonesia, "Saat ini ada banyak sekali kredit macet. Banyak pengusaha tidak mampu membayar cicilan ke bank, dan bisnis menurun drastis di berbagai lini." ujarnya

Obrolan ini yang kemudian menjadi topik bahasan kami sahur tadi. Menghadapi kondisi saat ini, barangkali banyak yang merasa ketar-ketir. Dolar naik, persaingan dengan asing, serta situasi yang tidak menentu.
Pesan suami saya hanya satu, "lebih memotivasi karyawan untuk tumbuh dengan aturan dan perintah yang tepat."
Jadi ingat dengan meeting saya kemarin pagi, meeting yang saya fokuskan membina karyawan untuk menjadi sales force, "perusahaan membutuhkan lebih banyak armada untuk tumbuh, semua dari kita harus multitalenta, bahkan seorang administrasi pun seharusnya bisa berperan menjadi seorang sales. Perusahaan membutuhkan sales yang kuat untuk menghadapi persaingan, semua karyawan adalah sales." 


Dua karyawan yang saya tugaskan membantu saya di bidang sales mungkin saja kebingungan, "Tapi, jangan khawatir, sebab saya tidak akan membiarkan kalian sendiri. Saya akan memandu hingga kalian benar-benar menjadi sales yang hebat. Memiliki skill sales itu bukan persoalan mudah, butuh waktu dan proses yang panjang, dan izinkan saya melatih kalian." Lalu saya mulai petakan apa yang harus mereka lakukan.

Tidak mudah menjadi SALES tapi apapun bisnis yang Anda jalankan memiliki skill sales yang KUAT itu merupakan keharusan!

No comments: