Optimasi WA ala Emak-emak itu Fun dan Bisa Naik Omzet


Mengelola bisnis yang bernama Mimi Alfy Store dan hanya menggunakan WA, ternyata memberikan hasil yang memuaskan. Buktinya, omzetnya bisa melesat hingga naik 775 setelah fokus optimasi WA. Nah, optimasi WA seperti apa sih yang “ramah” buat emak-emak dan bisa meningkatkan omzet?

Adalah Alfianty Fauziah sebagai pemilik Mimi Alfy Store. Ia mengaku punya ide berbisnis online sejak 2015, yaitu tepatnya setelah resign dari perusahaan Jepang di Cibitung. Awalnya ia berjualan obat herbal, terus iseng-iseng membuat makanan nugget homemade yang dibuat sendiri, hingga cukup banyak teman-teman di sekolah anak yang berminat. Namun, ketika bekerja dan punya bayi lagi, ia memutuskan berhenti jualan herbal dan makanan frozen food karena juga tidak punya asisten. Kemudian, ia beralih ke jualan online palugada, mulai dari perabot barang-barang import dan lokal, hingga yang paling terbaru bergabung ke Komunita Spirit Nabawiyah Community untuk jualan buku-buku anak muslim dengan sistem arisan dan cash. Maka, saat ini ia memutuskan lebih fokus ke jualan buku dan perabot online saja.

Sebelumnya, bisnis Emak kelahiran Cianjur ini meraup omzet masih sekitar 500ribu sampai 800ribu. Pasalnya, ia mengaku mengelola bisnis hanya sekadar mengisi waktu luang. Tidak heran jika hanya punya 2 reseller untuk palugada, tapi mereka akhirnya berhenti jualan karena kesibukan masing-masing. Meski begitu, para pelanggannya tetap repeat order walaupun ia tidak pernah beriklan sama sekali. “Pernah bisa di 1,5juta untuk palugada hanya sistem dropship saja,” imbuhnya. Selain itu, ia juga mengaku kalau hanya jualan di WA. Isinya, juga hanya up date gambar setiap ada barang baru.
Namun, ketika ikut training bisnis BOW, Emak yang ulang tahun setiap tanggal 8 Agustus ini mengaku banyak ilmu optimasi WA yang ia dapatkan. Ia pun menambahkan, “Benar-benar berasa banget karena ilmu baru yang saya dapat, mulai dari gimana caranya update yang selalu dinanti orang, banyak interaksi dari updatean kita, yang ngintip status kita juga banyak bisa sampai 100 orang, banyak kenalan teman-teman jualan yang berbeda-beda maupun sama, bahkan bisa jalin kerjasama untuk produk.”

Emak yang punya hobi menonton film, membaca buku, dan menyanyi ini, mengaku melakukan optimasi WA yang “ramah” buat emak-emak dan ia dapatkan dari BOW. Antara lain, lebih banyak bercerita kelanjutan di status dengan selipan gambar, lebih terencana untuk berkreasi di status agar tidak membosankan, membuka komunikasi lagi dengan orang-orang yang termasuk target market dan yang selama ini tidak ada komunikasi. Ketika ada yang komentar statusnya, ia memutuskan melanjutkan komunikasi, kemudian umumnya mereka tanya-tanya produknya, bru kasih edukasi produk, hingga membangun kenyamanan relasi bisnis dengan kepercayaan.

Ketika ditanya apa hal berkesan dari BOW, Emak dari 4 anak ini menjawab, “BOW itu kumpulan sebagian besar emak-emak pebisnis yang punya kegiatan yang sama, mulai dari ngurus rumah tangga sambil bisnis online, jadi masuk ke kumpulan itu bisa saling mengerti satu sama lain untuk saling support bisnis, dengan tips-tips dan ilmu dari Teh Indari yang mudah dipraktekkan.” 

Sebelum menutup wawancara, ia juga berbagi tips buat emak pebisnis lainnya ketika mood bisnis meredup, yaitu istirahatlah, libur dulu dari dunia online, karena butuh suasana baru untuk bisa lebih berkreasi lagi.
Bagi yang ingin order, silahkan hubungi:
Wa.me/628562001077
IG :alfiantyfauziah
     Buku anak muslim sygma



No comments:

Post a Comment

Adbox