39 Kesalahan di Facebook Personal

MasyaAllah, makin lama mengintrospeksi facebook saya sendiri selama hampir sebulan ini, semakin banyak kesalahan di facebook personal yang ingin saya share di bawah ini
Maafkan, tidak ingin membuat siapapun tersinggung dengan tulisan ini, semata-mata ini koreksi atas facebook saya sendiri, sungguh dan koreksi setelah saya juga meremove lebih banyak teman lama karena satu hal dan lain hal *saya akan kupas beberapa pertimbangan yang dilakukan untuk meremove teman secara organic bukan pakai mesin*
Apalagi di usia saya yang bertambah tua dan sisa usia yang terus berkurang hari ini yaitu 39 tahun, rasanya memang saya harus lebih banyak melakukan introspeksi diri dan bebenah social media yang akan jadi jejak digital bagi saya kelak
So, apa saja kesalahan yang terjadi di facebook personal?
1. Facebook personal tidak menggunakan nama sendiri melainkan alay, misal: bunga cantik luar biasa hoho
2. Facebook personal tanpa foto personal, pakai foto orang, barang, bunga, hingga futu artis pun ada. Terkait hal ini sebetulnya tidak bisa disebut selalu kesalahan karena beberapa keyakinan terutama untuk akhwat ada yang melarang memasang foto di medsos karena bisa menyebabkan fitnah dan pandangan mata yang tidak halal
3. Jarang menyetatus
4. Terlalu sering menyetatus #i did this mistake
5. Jarang komen di status orang #i did this mistake
6. Jarang like status orang #i did this mistake
7. Jarang reply komen orang #i did this mistake
8. Jarang buka messenger sehingga inbox orang ketelen #i did this mistake
9. Bikin grup di facebook jarang diurus #i did it mistake
10. Jarang add orang, mentang-mentang udah penuh pertemanan, padahal kan bisa follow orang #i did it mistake
11. Jarang bersih-bersih pertemanan sehingga melihara teman yang sebenernya udah nggak aktif di FB
12. Facebook personal tapi keseringan iklan #i did it mistake
13. Jarang praktekin ilmu kelola facebook personal
14. Jarang ngulik facebook personal yang memiliki banyak sarana lain buat ngeksis positif
15. Seringnya ngeshare artikel yang judulnya bombastis tanpa dibaca sama sekali alias share berita tanpa baca artikel lengkapnya dan tanpa cek ricek kebenaran beritanya dari sumber lain
16. Menulis kebencian tanpa tendeng aling-aling
17. Foto berantakan tidak dibuatkan album, album foto sesuai kategori
18. Posting foto tak senonoh #naudzubillah
19. Terlalu mesra pada lawan jenis #naudzubillah
20. Terlalu open cerita personal #i did it mistake
21. Terlalu bicara politik dan bikin panas suasana
22. Menggunakan bahasa alay dan sulit terbaca
23. Menggunakan bahasa Inggris sedang kita di Indonesia, akibatnya banyak juga yang nggak ngerti, etapi emang temen luar negerinya banyak sih hehehe
24. Ngetag banyak orang pada satu postingan dagangan
25. Ngetag banyak orang pada setiap postingan meskipun bukan dagangan
26. Nginboxin orang nawarin jualannya tanpa kenalan dulu dan dekat dulu
27. Nekad pinjam uang sama friendlist #wedew
28. Menggunakan akun facebook untuk menipu orang #naudzubillah
29. Scrolling di facebook dan ngabisin berjam-jam waktu
30. Mau nyetatus banyak mikir akhirnya nggak nyetatus-nyetatus
31. Nyinyirin orang apalagi sesama perempuan #please, jangan
32. Status SARA yang kental
33. Share foto-foto yang bikin ilfill *misalnya benda yang aneh hiiii
34. Posting selfie di tengah bencana #maafkan, jangan seperti itu
35. Komen nggak sopan di status orang #jangan nodai thread orang
36. Keseringan selfie #ya Allah, i did it mistake tooo
37. Memposting foto anak tanpa menutup auratnya #jangan lagi ah
38. Memposting terlalu banyak keterangan tentang anak #i did it mistake
39. Banyak ceritain anak tanpa izin anak #i did it mistake
Fiuuuh, lap keringat, ini nyusun 39 kesalahan itu bukan main bikin otot otak merengkeeeeng hahahaha, dan makin lama makin banyak kesalahan yang bisa dituliskan but STOP dulu disini, next saya mau nulis tentang ASYIKNYA FACEBOOKAN juga dooong biar balance kaaan
Semoga bermanfaat 39 kesalahan di facebook yang saya juga melakukan kesalahannya ðŸ˜©
Aaaah tobaaaaaaaaaaaaaaat!
Bebenah facebook lagi deeeh
Yes, bebenah facebook
Termasuk saya juga bebenah whatsapp juga, sampai bebenah grup yang akan saya maintenance setiap hari
Saya nggak mau berhenti untuk menyempurnakan langkah, karena saya juga tahu, banyak kesalahan yang saya lakukan sepanjang perjalanan saya
Kesalahan dilakukan tak apa, itulah proses untuk mendewasakan kita
39 kesalahan di facebook terjadi pada Anda dan saya? tak perlu menyeraaaah, mari kita perbaiki!
BTW, banyak yang penasaran dengan LAPF itu apa di inbox, wapri, hingga komen di status saya, daaaan saya buka kasih FREE Bimbingan LAPF LOVE selama 30 hari full, join aja ke link ini LAPF LOVE #2
Semangat terus memperbaiki diri!
Bismillah


No comments:

Post a Comment