05 December 2017

RAHASIA MEMULAI BISNIS ONLINE ALA UMMI ALEEYA, OWNER @JOERAGAN ARTIKEL


-
-
Apa resolusi Anda pada tahun 2018 mendatang? Membuka BISNIS ONLINE misalnya?
Memang sekarang zamannya serba online, jual beli dan termasuk bisnis sudah berbasis online. Masyarakat secara umum sudah secara sempurna di ‘serang’ wabah internet. Sebuah era baru yang sudah tidak bisa dielakkan lagi.

Terkait dengan bisnis online yang kian marak dimana-mana. Terbukti ratusan start-up bermunculan setiap bulannya. Dan tidak sedikit juga dari sekian bisnis online tersebut tidak sanggup tegar berdiri diantara belantara aneka bisnis lainnya.

Apakah Anda juga sedang berpikir untuk mencari bisnis yang bisa dikelola secara online?
Dari hasil wawancara saya secara live di facebook tempo hari bersama Ummi Aleeya owner dari Joeragan Artikel, yang masih murni berbasis online dan sangat sukses saat ini.

http://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1593554544092544&id=100003140406781

Berikut beberapa poin penting yang dapat disarikan dari hasil wawancara singkat tersebut berdasarkan pengalaman beliau:
1. MEMBANGUN HUBUNGAN ADALAH KUNCI MARKETING ONLINE. Setiap bisnis HARUS memiliki cara dan pola tersendiri dalam memasarkan produk atau jasanya. Bagaimana calon klien akan mengetahui kualitas bisnis yang Anda miliki bila EDUKASI BISNIS tidak dilakukan dengan pola pemasaran yang baik.
Akun media sosial seperti facebook, instagram dan sebagainya merupakan tonggak berdirinya bisnis. Maka bagaimana cara melobi klien? Saya selalu menekankan untuk MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PENGGUNA AKUN YANG MEMBERIKAN ‘SEDEKAH’ JEMPOLNYA APALAGI SAMPAI KOMEN. Menjalin hubungan tidak semata-mata tujuan klosing. Namun lebih kepada memberikan edukasi terlebih dahulu.  KLOSING ADALAH EFEK MEMBANGUN HUBUNGAN TADI.

2. MEMAHAMI KEBUTUHAN KLIEN. Ketika membangun hubungan diatas, sembari ‘kepoin’ apa saja kebutuhan klien. Agar produk yang nanti akan ditawarkan tepat sasaran.

3. MEMPERBAIKI POLA KOMUNIKASI DENGAN PARA CALON KLIEN. Banyak para pebisnis online yang masih saja menerabas etika berbisnis online. Dimana mereka langsung masuk via inbox di facebook dan menawarkan segala barang dan jasa. Namun pahamilah, cara ini sangat tidak terpuji. Justru bisnis Anda akan mendapat predikat buruk. Ada caranya. Membuka hubungan bisnis dimulai dengan hubungan personal supaya lebih tertarget. Dan klien merasa sedang tidak di prospek.

4. MEMBERIKAN EXELENT SERVICE. Inilah pembeda antara bisnis Anda dengan bisnis orang lain yang sudah lebih dulu muncul. Ragam produk dan jasa saat ini sangat mengutamakan exelent service. Bisnis yang responsif dan mengutamakan kenyamanan klien akan sangat diminati.

5. SESUAIKAN KEMAMPUAN DENGAN BISNIS YANG AKAN DIJALANI.  Seringkali kita mentok dengan pembahasan masalah modal untuk memulai bisnis. Namun sekali lagi, kebanyakan bisnis yang sukses justru learning by doing. “Jalan saja dulu,” itu yang sering saya katakan pada para pebisnis pemula. Sesuaikan kemampuan diri dengan jenis bisnis yang akan dijalani. Misalnya, untuk satu sampai tiga bulan mendatang belum mampu menggaji pegawai, kerjakan sendiri. Nanti akan ketemu ilmu baru berupa pengalaman yang tidak akan akan didapat dalam teori  mana pun.
Mungkin dari beberapa poin diatas sudah pernah saya share di berbagai kesempatan. Tapi tidak ada salahnya diulang kembali guna memanggil memori Anda untuk memulai bisnis TANPA RAGU DAN TANPA TAPI...

Diakhir sesi wawancara yang dikatakan Ummi Aleeya dadakan ini, beliau memberikan nasehat pamungkas yang dapat untuk di duplikasi oleh Anda,
TERUS BELAJAR...
APGRADE ILMU...
DAN PUNYA MENTOR...

Semoga bermanfaat...



No comments: