17 December 2017

Kecerdasan Spiritual Menggiring Anda pada Kesuksesan


-
-
Dahulu, kecerdasan yang diyakini mempengaruhi kecerdasan intelektual seseorang hanyalah yang terkait dengan area KOGNITIF. Sifatnya keilmuan semata. Dan hal itu merupakan tolok ukur untuk mengukur kecerdasan orang lain berdasarkan angka-angka yang tertera di buku rapor dan Kartu Hasil Studi Mahasiswa. Bagi mereka yang selalu mendapatkan peringkat tertinggi di kelas, atau yang terdaftar di jurusan eksakta akan dikatakan orang yang cerdas.

Prof. Howard Gaerdner seorang psikolog dari Harvard Graduate School of Education memperkenalkan sebuah teori kecerdasan yang dikenal dengan MULTIPLE INTELLEGENCE THEORY.

Menurut Gaerdner, manusia memiliki setidaknya DELAPAN KECERDASAN yakni kecerdasan verbal-linguistik, matematis-logis, visual-spasial, kinestetik-jasmani, musikal, interpersonal, intrapersonal dan kecerdasan naturalis.

Maka, sejatinya SEMUA MANUSIA makhluk ciptaan Tuhan yang diciptakan dengan kecerdasan yang berbeda satu sama lainnya.

Sementara untuk menyempurnakan kajian mengenai kecerdasan oleh Gaerdner, ada lagi namanya KECERDASAN SPIRITUAL (Spiritual Quotient). Dimana SQ merupakan DIMENSI VERTIKAL yang dikembangkan pertama kali oleh Danah Zohar dn La Marshal.

Banyak ahli yang mengupas bagaimana SQ mampu menggiring kepada kesuksesan hidup seseorang. Berikut beberapa rangkumannya:
1. SQ berisikan SUARA HATI yakni qalbu yang terkoneksi langsung pada Sang Rabb.
2. Suara hati merupakan KEBENARAN HAKIKI dari seorang manusia yang langsung ditiupkan ketika ruh berada dalam kandungan ibu.

Karakteristik seseorang yang selalu mengedepankan kecerdasan spiritualnya ialah: mampu merasakan kehadiran Sang Khalik dalam setiap langkahnya, mempunyai tingkat kesadaran yang tinggi terhadap lingkungannya, mampu menghadapi rasa sakit dan penderitaan, cepat menarik hikmah dari setiap kesulitan karena fokus pada solusi dan mandiri.

Kecerdasan yang demikian inilah yang pada akhirnya akan membawa manusia pada kualitas terbaik. karena dengan kecerdasan spiritual seseorang mampu MENJALANI HIDUP DENGAN SETIA PADA KEBENARAN, JUJUR, ADIL, SABAR, IKHLAS DAN MEMILIKI MENTAL BAJA dan sebagainya.

Oleh karena itu mengembangkan kecerdasan spiritual dalam diri seseorang menjadi sangat penting bagi siapapun yang menginginkan hidup yang penuh makna dan tentunya kesuksesan akan semakin mendekat.

Bagaimana caranya?


Salah satunya semakin mendekatkan diri pada Sang Pencipta dan rasakan DIA SELALU ADA DI SETIAP LANGKAH KITA. Allahu Akbar...

No comments: