SELAMATKAN ANAK-ANAK DAN REMAJA KITA DARI SIFAT VANDALISME

9:53 PM


-
-
Beredar luas baru-baru ini sebuah video yang menayangkan sekelompok anak muda yang dengan tega memberikan minuman keras terhadap hewan di sebuah kebun binatang kenamaan tanah air. Dalam video berdurasi singkat tersebut, terlihat bagaimana kelakuan minus para remaja tersebut mencekoki hewan yang sejatinya dilindungi di kebun binatang itu dengan semena-mena dengan memberikan minuman keras. Dan parahnya lagi, mereka menjadikan hal tersebut sebagai mainan yang lucu dan ditertawakan beramai-ramai.

Lagi, KASUS VANDALISME alias pengrusakan dilakukan oleh remaja kita.

Lihat, ini SALAH SIAPA BUNDA?

Mari secara bijak menyikapinya...

Ingatkah Bunda, saat mereka minta bermain bersama dirimu waktu kecil dahulu, tapi kita malah asyik wara-wiri arisan ini dan itu dengan dalih menambah relasi dan bosan dirumah.
Kini saat anak-anak sudah besar dan tidak mau lagi diajak pergi bersama, mereka melakukan permainannya sendiri.

Mungkin kasus diatas hanyalah salah satu contoh kecilnya.
Kabarnya, kasus tersebut telah sampai ke ranah hukum. Semoga pihak yang berwajib memberikan efek jera pada para pelaku penyiksa hewan-hewan tersebut. Sebab, bagaimanapun hewan merupakan makhluk Tuhan yang layak kita perlakukan baik dengan penuh kasih sayang.

Rasanya semua agama di muka bumi ini SANGAT MENGECAM PERILAKU YANG MENYIKSA HEWAN. Sebab, kasih sayang tidak hanya diberikan dan ditunjukkan kepada sesama manusia. Hewan pun layak mendapatkan kasih sayang manusia.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim (HR. Muttafaq ‘Alaih) diceritakan bagaimana seorang perempuan DI AZAB OLEH ALLAH SWT hanya karena ia mengurung sesekor kucing sampai mati dengan hukuman NERAKA.

Bahkan dalam menyembelih hewan kurban yang jatuh setiap bulan Zulhijjah pada setiap tahunnya, umat Islam harus bersikap lemah lembut. Salah satunya dengan menajamkan pisau agar hewan kurban tidak kesakitan terlalu lama. Kemudian saat mengasah pisau itu jangan di depan binatang yang akan di sembelih.

Dengan kata lain, terhadap hewan yang jelas-jelas akan di sembelih saja kita harus memperlakukan hewan dengan baik apalagi kepada hewan yang dipelihara.

Lain halnya adab kita terhadap HEWAN YANG MENGGANGGU seperti anjing buas, serigala, harimau dan sebagainya.

Sesuai dengan Sabda Rasulullah SAW, “Ada lima macam hewan fasik yng boleh dibunuh di waktu halal (tidak ihram) dan waktu ihram. Yaitu: ular, burung gagak yang punggungnya putih bagian perutnya, tikus, anjing buas dan rajawali.” (HR. Muslim : 1198). 

Nah Bunda, mari SINGKIRKAN SEJENAK GADGET kita.
KOSONGKAN JADWAL ARISAN yang juga ternyata banyak menguras emosi itu.
Lalu, DUDUKLAH LEBIH LAMA dengan anak-anak dan remaja kita.

Mereka butuh teman...
Butuh tempat bersandar...
Fisiknya mungkin sudah sebesar ayahnya...

Namun hati mereka masihlah setangkup dan rindu kehangatan kasih sayang ayah bundanya. Mari PELUK mereka, TRANSFER-KAN rasa kasih sayang itu sebanyak mungkin. Biarkan mereka merasakan, betapa mereka itu, anak remaja kita, BAHWA KEBERADAAN MEREKA TERAMAT PENTING bagi kita, orangtuanya.

Semoga hal sederhana ini mampu meminimalisir tindakan-tindakan vandalisme pada generasi muda kita. Dan pada akhirnya tidak tersisa lagi...

Wallahu’alam Bisshowab...


You Might Also Like

0 komentar