24 July 2017

Mengeksplore Ruang Untuk Mencari Ilmu




RUMAH itu RUANG UNTUK MENCARI ILMU inilah yang ingin saya ajarkan pada para Ibu.
Mengabdi pada keluarga pastinya di rumah.
Berbagi dengan masyarakat sekitar, dari rumah saja.
Berbisnis dari rumah.
Kopdar di rumah.
Seseruan cukup di rumah.
Belajar apapun bisa di rumah.

SESEKALI keluar rumah untuk arisan, gathering, berkunjung, mengajar, atau melakukan hal positif lainnya di luar rumah sah-sah saja, tapi lebih banyak di rumah dan mengeksplore rumah itu serunya bukan main. 

Mengeksplore rumah menjadi lokasi beragam aktivitas itu sangat mudah. Salah satunya adalah dengan belajar dari perempuan kreatif lainnya yang juga berhasil membuat rumahnya menjadi sedemikian kreatif.

Saya sendiri terus belajar mengeksplore rumah. Beberapa kreasi yang kemudian hadir adalah dinding kreatif anak, jemuran mini yang nggak ngabisin tempat, kotak-kotak belajar disiplin yang berjejer seperti: kotak baju kotor, mainan, tempat piring kotor, yang saya taruh di lantai atas, bedcover yang tadinya nganggur jadi tempat bersantai yang nyaman ketika digabung sama sofa serta studio mini di pinggir meja kerja. Kegiatan yang seru bukan?

Saya sampai geleng-geleng kepala pada orang-orang yang sedemikian kreatifnya memanfaatkan bahan bekas, ruang kecil, hingga sesuatu yang tidak berharga menjadi berharga. Dan akhirnya saya ingin belajar jadi lebih kreatif dalam mengeksplore rumah.

Pengubahan dalam pengaturan rumah yang saya lakukan telah memberikan berbagai kemudahan dalam peran sebagai Ibu Rumah Tangga sekaligus pebisnis.

Lebih seru lagi jika melibatkan anak-anak dalam mengeksplore rumah.
Misalnya saja, saya seringkali mengajak Nanit dan Ammar melakukan kegiatan seperti membereskan buku. Saya suruh mereka membereskan buku-buku daripada main gadget! Dengan membereskan buku mereka juga sambil membaca yang menurut mereka menarik untuk dibaca.  Mengapa anak-anak harus sering membaca? Karena dengan membaca mereka akan lebih mengetahui banyak hal. Buku itu jendela dunia sedangkan rumah itu ruang untuk mencari ilmu.  Jadi, jangan ragu untuk ajarkan anak membaca sedari dini ya dan siap mengeksplore rumah bersama mereka ya, Bu?

Selamat mencoba dan ketagihan dengan kegiatan EXPLORE YOUR HOME!
Salam penuh kreativitas!

No comments: