08 December 2016

Jangan MOODY Kalau dikomplain Pelanggan



Dalam bisnis HARTA kekayaan terbesar selain SDM yang kita miliki adalah PELANGGAN!
Pelangganlah yang membuat bisnis kita membesar dan terus membesar
Pelanggan yang awalnya konsumen baru LALU beli berulang-ulang dan jadi UANG!
 Masa sih mau kehilangan pelanggan kesayangan gara-gara komplain
 
Aduh Teh, saya, masih gemetaran dan mati gaya ketika dikomplain?
Mmm…tanamkan dalam diri Anda, tidak ada satu hal apapun yang bisa memuaskan pasar 100%
Selalu ada yang tidak puas
Selalu ada yang kritik
TAPI, dari ketidakpuasan dan kritik bisnis akan semakin mudah kita sempurnakan: KARENA KITA TAHU MANA YANG AKAN DIPERBAIKI

Mari belajar banyak, belajar banyak dan sempurnakan lebih banyak
Jangan sampai apa yang pernah pelanggan complain kan terulang kembali.  Perbaiki layanan Anda.  Berinovasilah dalam produk dan pelayanan.
EDUKASI pelanggan Anda dengan keunggulan yang dimiliki. Jangan bosan untuk selalu menunjukkan kalau produk kita memiliki keunggulan-keunggulan.
PAJANG konsumen yang sudah pakai produk Anda secara aktif.  Minta mereka membuat testimony keunggulan produk dan pelayanan yang Anda berikan.  Buat pelanggan-pelanggan yang komplain menjadi  berpikir, “kok banyak yang beli, berarti produknya ok dong”.

Jangan pelanggan komplain, terus bawaannya marah-marah dan MOODY.
Pebisnis nggak boleh MOODY kalau nggak mau omzet bisnisnya juga MOODY
Dalam bisnis itu modalnya emang kesabaran dan kestabilan mood. Modal besar nggak ngaruh kalau bawaannya panasan.
Produk keren, tempat bisnis keren nggak ngaruh kalau mood nggak keren.
Justru kalau modal kecil, tempat kerja biasa aja, tapi memiliki kesabaran hati dan kestabilan mood bisa bikin bisnis melompat menyaingi mereka yang modalnya gede dan punya tempat jualan yang asyik.  

Sabar itu nggak gampang.
Punya mood yang stabil apalagi
Tapi itu harta berharga kita dalam berbisnis.

Tapi, kalau masih juga moody gimana?
Kembali, tanyakan pada diri Anda sendiri
Adakah bisnis yang tidak pernah dikomplain? Tidak ada!
SEBAB tidak ada satu orangpun yang bisa memuaskan pasar 100%
Tapi, tidak perlu takut juga dengan komplain!
Komplain itu mencerdaskan dan membuat kita senantiasa BERPIKIR lebih baik. Setuju?

No comments: