Dalam
bisnis HARTA kekayaan terbesar selain SDM yang kita miliki adalah PELANGGAN!
Pelangganlah
yang membuat bisnis kita membesar dan terus membesar
Pelanggan
yang awalnya konsumen baru LALU beli berulang-ulang dan jadi UANG!
Masa
sih mau kehilangan pelanggan kesayangan gara-gara komplain
Aduh Teh, saya, masih gemetaran
dan mati gaya ketika dikomplain?
Mmm…tanamkan dalam diri Anda, tidak
ada satu hal apapun yang bisa memuaskan pasar 100%
Selalu ada yang tidak puas
Selalu ada yang kritik
TAPI, dari ketidakpuasan dan
kritik bisnis akan semakin mudah kita sempurnakan: KARENA KITA TAHU MANA YANG
AKAN DIPERBAIKI
Mari belajar banyak, belajar
banyak dan sempurnakan lebih banyak
Jangan
sampai apa yang pernah pelanggan complain kan terulang kembali. Perbaiki layanan Anda. Berinovasilah dalam produk dan pelayanan.
EDUKASI
pelanggan Anda dengan keunggulan yang dimiliki. Jangan bosan untuk selalu
menunjukkan kalau produk kita memiliki keunggulan-keunggulan.
PAJANG
konsumen yang sudah pakai produk Anda secara aktif. Minta mereka membuat testimony keunggulan
produk dan pelayanan yang Anda berikan.
Buat pelanggan-pelanggan yang komplain menjadi berpikir, “kok banyak yang beli, berarti
produknya ok dong”.
Jangan
pelanggan komplain, terus bawaannya marah-marah dan MOODY.
Pebisnis
nggak boleh MOODY kalau nggak mau omzet bisnisnya juga MOODY
Dalam
bisnis itu modalnya emang kesabaran dan kestabilan mood. Modal besar nggak
ngaruh kalau bawaannya panasan.
Produk
keren, tempat bisnis keren nggak ngaruh kalau mood nggak keren.
Justru
kalau modal kecil, tempat kerja biasa aja, tapi memiliki kesabaran hati dan
kestabilan mood bisa bikin bisnis melompat menyaingi mereka yang modalnya gede
dan punya tempat jualan yang asyik.
Sabar
itu nggak gampang.
Punya
mood yang stabil apalagi
Tapi
itu harta berharga kita dalam berbisnis.
Tapi,
kalau masih juga moody gimana?
Kembali,
tanyakan pada diri Anda sendiri
Adakah bisnis yang tidak pernah
dikomplain? Tidak ada!
SEBAB tidak ada satu orangpun yang bisa
memuaskan pasar 100%
Tapi, tidak perlu takut juga dengan
komplain!
Komplain itu mencerdaskan dan membuat kita
senantiasa BERPIKIR lebih baik. Setuju?
No comments:
Post a Comment