02 September 2016

Empat Peran Penting Perempuan



Alhamdulillah Kopdar Emak Pintar Bandung telah kembali diselenggarakan di Café Cinde Minggu lalu.
Emak Pintar adalah komunitas yang saya dirikan untuk semua perempuan Indonesia untuk belajar berbisnis dan menulis.  Bagi saya, berkomunitas dengan sesama ibu yang memiliki semangat belajar yang besar adalah sebuah makanan bergizi bagi hati dan pikiran saya.
Tempat di mana para emak bisa sharing pengalaman bisnis dan pengalaman hidup dengan sesama perempuan.  Memperluas persaudaraan, memperpanjang umur, memperluas wawasan, membuat produktif, membuka pikiran dan melatih hati untuk terus tumbuh positif.
Interaksi positif dengan perempuan lainnya serta rasa syukur adalah dua hal yang membuat perempuan menjadi lebih kuat.
Mmm…Berkomunitas itu asyik, banyak ilmu.  Untuk saya dan untuk semua perempuan.
Pada kopdar EPB Bandung kembali saya garis bawahi dan ingatkan tentang empat peran penting seorang perempuan, yakni :
Pertama, Jadilah perempuan produktif, lalukan suatu atau banyak hal yang bermanfaat buat diri sendiri keluarga dan lingkungan sekitar,
Kedua, Jadilah inspirasi keluarga, menjadi contoh bagi anak-anak di rumah sehingga tanpa disuruh anak-anak akan otomatis melakukan sesuatu apa yang kita lakukan,
Ketiga, Jadilah problem solver, memecahkan masalah serta memberikan solusi dan
Empat, Jadilah agen perubahan lingkungan, apa yang terjadi dilingkungan semampunya ikut melakukan perubahan menjadi lebih baik tentunya.
Apapun peran Anda, full time mom atau working mom, merupakan perjuangan seorang perempuan untuk membahagiakan keluarganya. 
Wahai para Emak jangan pernah galau jika mendengar ada orang yang berkomentar negative tentang peran kalian.  Lebih baik terus berkarya untuk kebahagiaan dan masa depan keluarga.  Jangan pernah berhenti belajar hal apapun.  Teruslah mengupgrade diri, kemalasan untuk mengupgrade ilmu dalam jangka waktu lama akan membuat ketrampilan dan motivasi yang telah Anda miliki untuk lebih produktif akan hilang. Tetaplah konsisten belajar dalam kondisi apapun dan dimanapun. Jangan biarkan kesempatan terbuang sia-sia tanpa ada pembelajaran yang bisa Anda ambil.
Mari para Emak, kita merdekakan diri dari rasa putus asa, mengeluh, sakit hati, terkucilkan, terhina, dan rasa lainnya.

Mari para Emak di Indonesia kita pegangan tangan dan membuat semua perempuan Indonesia PASTI BISA! 

No comments: