06 June 2016

Training Bisnis Online, Perpaduan Teori dan Praktik

“Jika training hanya ditujukan untuk menaikan omzet saya kurang setuju.  Tidak ada ilmu
yang sia-sia meski memang tidak semua mampu kita aplikasikan.  Saya kumpulkan sedikit demi sedikit, lalu pilih mana yang saya butuhkan untuk segera saya aplikasikan dari yang termudah sesuai pemahaman hingga beranjak ke tingkat selanjutnya, yang terpenting padukan teori dan praktik.”

Itulah keyakinan Dian Kristianti.  Seorang perempuan asal Sragen yang mengenal Indscript Training Center sejak tahun 2011 berawal dari bergabungnya Dian dengan komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis.  Training bisnis online pertama yang Dian ikuti adalah Belajar Online Facebook Marketing.   Disinilah awal perkenalan Dian dengan cara beriklan cantik, soft selling, storytelling dan copywriting dalam berbisnis.

Saat itu Dian masih bekerja kantoran dan memiliki bisnis sampingan berjualan fashion secara online.  Bisnis online yang didirikan tahun 2010 tersebut, belum ditekuni dengan serius dan belum dijadikan sebagai sumber penghasilan utama, mengingat beliau saat itu lebih memilih aktif bekerja kantoran.

Tak puas dengan satu training, hampir semua training online Indscript Dian ikuti.  Sampai akhirnya Dian mengikuti Reparasi Bisnis.  Di RB ini saya meminta Dian untuk fokus memilih salah satu bisnis untuk ditekuni.  Dian memilih untuk fokus menjalankan bisnis daster lingerie shantung Asyifa.

Ilmu-ilmu yang sudah didapatpun akhirnya tidak sia-sia, karena meski terlambat akhirnya Dian mampu mengaplikasikan semua ilmu bisnis yang diperolehnya.  Saya meminta Dian melist hambatan dari yang termudah hingga yang tersulit dalam perjalanan bisnisnya, lalu saya berikan masukan cara mengatasinya.

Di pertengahan tahun lalu Dian memutuskan untuk resign dari pekerjaan kantoran dan fokus mengembangkan bisnisnya.  Alhamdulillah, sekarang ini manajemen bisnis Dian perlahan semakin tertata .  Dian berhasil memiliki pencapaian setahun ini yang patut disyukuri.  Perlahan tapi pasti Dian makin mencintai bisnisnya.

Itulah Dian, salah seorang pebisnis yang saya kawal dalam menjalani proses bisnisnya.   Dian sangat menyadari, bahwa bisnis itu harus melalui proses yang panjang, melalui berbagai pengalaman.  Dengan ketekunan, Dian berhasil memadukan teori dan praktik training-training bisnis online yang dia ikuti.

Bagi Dian, omzet bukanlah tujuan utama dalam mengikuti training bisnis, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa belajar berproses dari sana.  Disaat proses sudah terjalani dengan maksimal, omzet akan dengan sendirinya mengitkuti.  Awal berbisnis biasanya memang perlu jatuh dan bangun.  Tapi kalau kita fokus dan konsisten mengembangkannnya pasti suatu hari nanti akan menjadi bisnis yang besar.

Fokus dalam bisnis dengan mengejar satu target dalam mengelola bisnis sangatlah penting agar bisnis yang kita tekuni mampu memberikan keuntungan yang maksimal.  Lebih baik kita terus mengasah skil kita dalam berbisnis.  Bisnis itu life skill atau keterampilan hidup yang harus terus diasah dan dipelajari.

Tidakkah Anda ingin menjadi seorang pebisnis yang pembelajar, yang selalu haus akan ilmu-ilmu baru, seperti seorang Dian Kristianti?

No comments: