03 June 2016

Banjir Order dengan Public Speaking

Mengapa public speaking penting?

Karena dalam satu kegiatan pastilah ada tujuan yang ingin dicapai.  Nah, salah satu hal yang menentukan berhasil tidaknya tujuan tersebut tercapai adalah kecakapan berbicara.
Kemampuan public speaking wajib dimiliki oleh siapapun, termasuk seorang pebisnis dalam memperkenalkan seperti apa bisnis yang dijalankan serta apa saja keunggulan produk dan layanan bisnisnya.  Nggak jaman lagi orang yang memiliki kemampuan dan kecerdasan berbisnis hanya berada di balik layar.

Dengan keahlian berbicara di depan umum, maka seorang pebisnis akan lebih mudah meningkatkan branding dirinya serta produk yang dijualnya.  Ingin banjir order dengan public speaking?  Bisa banget!

Untuk menjadi public speaker yang baik tentu saja tidak bisa instan, perlu proses dan harus memperhatikan hal-hal berikut yang saya rangkum untuk Anda.

Pertama, Persiapkan diri Anda dan pastikan Anda menguasai produk yang akan Anda sampaikan.  Bagaimana bisa Anda memiliki kepercayaan diri untuk menjual jika Anda tidak mengetahui kelebihan produk yang Anda jual.

Kedua, Selalu libatkan konsumen atau calon konsumen Anda selama berbicara, jangan sampai Anda seolah-olah berbicara sendiri.  Minim interaksi dengan konsumen atau calon konsumen bisa menyebabkan mereka ngantuk bahkan mungkin malah pergi karena bosan dengan apa yang Anda sampaikan.  Beri kesempatan konsumen Anda untuk bertanya sedetail mungkin tentang produk yang Anda tawarkan.

Ketiga, Sesuaikan diri Anda dengan konsumen atau calon konsumen.  Cari tahu apa yang menarik buat mereka dan apa yang menjadi kebutuhan mereka. Jadilah bunglon.  Tujuannya agar Anda bisa masuk ke dalam komunitas di mana Anda bicara.

Keempat, Terus mengupgrade diri dan berlatih dalam public speaking.  Untuk meningkatkan kepercayaan diri, Anda harus senantiasa mengupgrade diri dengan ilmu.  Belajarlah dari manapun dan kepada siapapun.

Teh, bisakah saya jadi public speaker?"
Semua pasti bisa! Asal mau berproses seperti halnya pertama kali memulai menjadi pebisnis.

Caranya? Terus belajar dan praktikan.

Kapan? Sekarang! Yuk, kita mulai! Biar banjir order dengan public speaking.

No comments: