18 June 2016

Membidik Pasar Buku Saat Ramadhan



Bulan Ramadhan adalah bulan dimana umat Islam meningkatkan hasanah keilmuannya.  Umat Islam seolah-olah berlomba-lomba mengisi Ramadhan dengan ilmu keagaamaan yang lebih matang, Itulah sebabnya buku-buku Islami laris saat Ramadhan.  Manfaatkan peluang ini dengan menulis dengan tema religi dan Islami jauh-jauh hari sebelum Ramadhan tiba. 
Membidik pasar buku saat Ramadhan, mengapa tidak?
Lalu bagaimana cara menembus penerbit buku religi?
Berikut saya berikan tipsnya untuk Anda.  Silahkan Anda simak baik-baik ya
Pertama, Kenali tulisan Anda ketika Anda akan menJODOHkannya dengan penerbit.  Penulis dan Penerbit itu jodoh-jodohan, alias cocok-cocokan.  Anda harus memahami penerbit mana yang cocok dengan tulisan Anda.  Hal ini dengan mudah Anda ketahui dengan mengunjungi situs penerbit yang Anda incar.
Kedua, Kenali penerbit dari buku-buku yang diterbitkan.  Walaupun ada penerbit yang khusus menerbitkan buku-buku Islami, namun bukan berarti penerbit yang menerbitkan berbagai genre tidak dilirik ya.  Anda tetap harus jeli memilih penerbit yang paling sesuai untuk naskah Anda.
Ketiga, Terus upgrade kemampuan menulis Anda setiap saat.  Belajar melalui komunitas penulis atau berguru pada penulis-penulis senior adalah salah satu cara meningkatkan kemampuan menulis Anda.
Keempat, Bacalah buku-buku religi dan lihatlah terus perpetaan perbukuan di sekitar Anda.  Masalah apa yang menarik untuk ditulis saat ini. 
Kelima, Sengitnya persaingan di dunia buku, membuat penerbit harus menerbitkan buku yang bukan hanya sekedar terbit namun juga harus memiliki daya jual tersendiri di pasar buku.  Jangan sungkan untuk bertanya pada penerbit,” apakah anda membutuhkan penulis dengan spesifikasi seperti saya?” Lalu mulailah mengirimkan outline sesuai jenis naskah apa yang dibutuhkan oleh penerbit dan sesuai dengan spesifikasi Anda.
Keenam, Kerjasama dengan agency naskah. Untuk para penulis pemula yang belum mengetahui cara mengirimkan naskah ke penerbit, kerja sama dengan agency naskah bisa dijadikan alternatif. Agency akan membantu bagaiman tulisan kita bisa tembus penerbit. Tentunya dengan beberapa kriteria dan persyaratan yang harus dilakukan si penulis
Bagaimana? Yuk, mulai menulis dari sekarang!

No comments: