17 June 2016

7 Tips Bisnis yang Memudahkan Perempuan



Teh, saya masih ragu untuk memulai bisnis mengingat tugas saya sebagai istri dan ibu bagaikan nggak ada habisnya.  Bagaimana ya cara menjalankan bisnis dengan mudah?
Anda jangan ragu untuk memulai bisnis, tak ada yang tidak mungkin dilakukan oleh seorang yang multitalenta seperti Anda, asal saja tahu caranya.  Berikut saya rangkum 7 tips bisnis yang memudahkan perempuan.  Simak ya.
Pertama, Onlinekan bisnis Anda. Berbisnis secara online memudahkan perempuan.  Menjadi perempuan pebisnis yang produktif bukan berarti harus meninggalkan kewajiban utama seorang perempuan.  Kehadiran internet dengan penggunaan media sosial menjadi jawaban atas kebutuhan tersebut.  Berbisnis tidak melulu identik dengan meninggalkan rumah.  Berbekal sebuah gadget Anda bisa berbisnis dengan menyentuh pasar dunia. 
Kedua, Jadikan jejaring sosial sebagai alat marketing dan branding.  Terlebih kebutuhan masyarakat kepada gadget kian meningkat.  Arus informasi di dunia maya yang cepat sukses mencuri perhatian netizen.  Bagi pebisnis yang ingin selalu bertumbuh, menjadikan akun jejaring sosial sebagai alat marketing adalah wajib.  Akun jejaring sosial tidak sekedar bermanfaat untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau pun menjual produk Anda.  Jadikan akun jejaring sosial sebagai media mengembangkan branding Anda maupun produk Anda.  Branding yang kuat memberi dampak positif bagi pertumbuhan bisnis.
Ketiga, Sejalankan produk dan promosi Anda.  Produk yang baik harus didukung oleh promosi yang mantap dan akun jejaring sosial adalah salah satu media promosi online yang sangat efektif yang harus Anda manfaatkan.  Promosi yang sederhana namun efektif salah satunya adalah dengan update status di akun jejaring sosial. 
Keempat, Carilah target market yang tepat di jejaring sosial.  Misalnya Anda bisnis produk kecantikan.  Masuklah ke komunitas perempuan yang sesuai dengan target market Anda.  Berkenalan dengan para anggota komunitas tersebut, add mereka sebagai teman Anda.   Apabila Anda menggunakan akun jejaring sosial facebook, Anda perlu membatasi, jumlah teman yang di add dalam sehari.  Karena Anda akan diblokir facebook untuk meminta pertemanan jika terlalu banyak melakukan aktivitas tersebut.
Kelima, Bernetworking dan berkolaborasi.  Untuk belajar bisnis, bersosialisasi, berkomunitas, dan menambah jumlah partner bisnis melalui jejaring sosial dapat dilakukan tanpa terbatas waktu dan jarak.  Bergabung dengan komunitas-komunitas untuk bernetworking dan berkolaborasi.  Kolaborasi penting bagi para pebisnis manapun.  Networking akan semakin berkembang dan tanpa kita duga berbagi koneksi bukan sekedar memperkenalkan orang namun dapat menguatkan bisnis kita.
Keenam, Perluas jangkauan promosi. Setelah Anda bisa memanfaatkan akun Facebook personal Anda untuk berbisnis, tak ada salahnya Anda mulai merambah ke Fan Page.  Fan page Facebook sudah terindeks atau terdaftar dalam search engine.  Oleh karena itu merek bisnis yang memiliki fanpage akan lebih mudah ditemukan dalam search engine oleh buyer.  Tentu saja jangkauan promosi Anda akan lebih dikenal luas.
Ketujuh, Rekrut dan bina Reseller.  Kehadiran reseller patut menjadi perhitungan bagi pebisnis yang menjalankan bisnisnya dari rumah.  Dengan reseller informasi mengenai produk Anda dan penjualan kian tersebar luas di berbagai kalangan tanpa harus Anda sendiri yang melakukannya. Setelah berhasil mendapatkan banyak reseller yang harus Anda lakukan adalah membina dan menjaga hubungan baik dengan para reseller.   Untuk lebih mengefisienkan waktu Anda dalam berinteraksi dengan mereka, buatlah grup khusus baik itu di WA atau facebook.  Anda bisa memantau, mentraining, mengupdate, serta memotivasi  mereka  secara sekaligus bersama-sama.
Kesimpulannya teknologi digital sangat memudahkan perempuan untuk menjalankan bisnisnya ya.  Jadi nggak ada cara lain, Anda harus melek digital untuk berbisnis dengan mudah.  Bagaimana? Anda siap?

No comments: