17 May 2016

Usaha Sampingan untuk Ibu Bekerja yang Nggak Ribet

(Seorang Ibu Bekerja Belajar Menulis)

Banyak ibu yang sudah mempunyai karir bagus di tempat kerja tertarik untuk memulai usaha sampingan agar bisa menyalurkan passion.
Memang Bisa?
Mungkin Anda nggak percaya.
Sebagai ibu bekerja memang tampak sedikit sulit untuk memulai bisnis.  Mengingat aktifitas setiap hari yang harus dijalani cukup banyak.  Namun bukan berarti ibu bekerja tidak bisa memiliki usaha sampingan.  Karena sifat dasar perempuan yang multiperan, baik sebagai ibu rumah tangga, karyawan, maupun sebagai pebisnis memudahkan mereka untuk bisa tetap eksis di berbagai peran yang mereka tekuni.
Bisnis kepenulisan adalah salah satu usaha sampingan untuk Ibu Bekerja yang Nggak Ribet.  Karena menulis adalah hal yang semua orang bisa melakukannnya.dimanapun dan kapapun.
Tapi bisnis kepenulisan erat kaitannya dengan deadline, apa bisa?
Deadline itu memang memacu adrenalin.  Namun seharusnya malah membuat Anda terpacu untuk menyelesaikan berbagai proyek menulis.
Adanya berjubel deadline di kepala Anda, bagaimana mengejarnya ya, padahal pekerjaan rumah dan kantor pun tidak bisa kompromi?
Pertama, Buatkan jadwal penulisan Anda!
Banyak diantara kita merasa ketika menulis, rasanya kok sudah kehabisan nafas saking banyaknya pekerjaan rumah atau kantor yang harus dilakukan. Mau mengerjakan di malam hari,  sudah capek. Mau mengerjakan di pagi hari, sibuk ngurus anak. Mau mengerjakan di siang hari, bagaimana mungkin itu kan di kantor?
Nah, seperti halnya tugas rumah atau tugas kantor, TAMBAHKAN satu jadwal HARIAN Anda yaitu menulis. Anggaplah menulis adalah jadwal harian yang tidak kalah pentingnya dengan dua pekerjaan utama Anda. Untuk masalah waktu silakan Anda yang mengatur, sebab Anda yang tahu kapan Anda bisa lebih leluasa mengerjakan tambahan ‘job’ baru.
Kedua, Siapkan data yang Anda butuhkan jauh-jauh hari.
Mulai tumpuk di meja buku apa yang Anda butuhkan sebagai referensi, mulai kumpulkan dalam file hasil copas dari internet sebagai sumber bacaan, kumpulkan Koran/media yang membahas tema tersebut, pokoknya kumpulkan semua bahan yang Anda butuhkan sebagai amunisi Anda.
Ketiga, Buat target halaman
Jika Anda punya deadline mengerjakan 100 halaman dalam 1 bulan berarti artinya Anda harus menulis sekitar 3-4 halaman per hari. Bisa? Nah, kalau hari ini baru tercapai 2 halaman, berarti besok Anda menulis 4-5 halaman. Nah, komitmenlah dengan itu.
Keempat, Bawa selalu peralatan wajib
Bagi seorang penulis, computer/laptop yang mudah terkoneksi dengan internet adalah peralatan wajib yang harus selalu dibawa-bawa.  Jadikan selingan menulis di sela-sela Anda menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah ataupun saat waktu istirahat di kantor.   Menulis bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, banyak perempuan memilih menulis ketika anggota keluarga lain sudah tidur atau anggota keluarga belum bangun tidur.
Nah, sekarang Anda percaya ibu bekerja bisa berbisnis juga kan?  Nggak pakai ribet lagi!



No comments: