Perempuan Berbisnis Bukan Berarti Setiap Detik Mantengin Handphone

Berbisnis online banyak dilirik oleh para ibu karena tak terikat oleh waktu dan dapat
dilakukan tanpa harus meninggalkan rumah.  Namun terkadang muncul keluhan dari para pebisnis online bahwa berbisnis online justru sering menyita waktu.  Pebisnis online harus selalu siap melayani customer yang belum tentu serius membeli produknya.

Perempuan pebisnis bukan berarti setiap detik mantengin handphone.  Jangan sampai kegiatan berbisnis membuat Anda mengabaikan keluarga dan tidak punya waktu untuk diri sendiri.

Kuncinya adalah manajemen waktu.  Tanpa manajemen waktu Anda akan dihantui satu penyakit yang hampir menyerang banyak orang, baik itu ibu rumah tangga, profesional, bahkan mereka yang tidak memiliki aktivitas sekalipun yaitu stress karena merasa tidak punya waktu untuk diri sendiri dan keluarga.

Berikut saya berika tips berbisnis yang tidak akan membuat Anda setiap detik mantengin handphone :

Pertama, Benahi lagi manajemen waktu anda.  Manakah yang PALING PRIORITAS. Buatlah 3-5 kegiatan Anda yang paling prioritas. Mungkin di awal Anda merasa semua aktivitas Anda adalah aktivitas prioritas. Namun, sebetulnya TIDAK semua harus Anda kerjakan di urutan AWAL. Pilihlah. Setelah paling prioritas, di urutan kedua Anda memasukkan kegiatan prioritas. lengkapi juga dengan berapa lama waktu Anda mengerjakan aktivitas ini. Buang kegiatan yang TIDAK PENTING. setelah melist aktivitas paling prioritas dan prioritas, apakah Anda merasa ada kegiatan yang tidak penting namun Anda masukan dalam keseharian? CORET SAJA! Aktivitas tidak penting ini adalah aktivitas yang Anda lakukan namun tidak BERMANFAAT, misalnya mantengin timeline orang lain, ngobrol ngalor ngidul di WA dan lain sebagainya.

Kedua, Posting foto produk lengkap dengan keterangan yang sedetail mungkin.  Foto produk adalah hal yang sangat penting untuk memperkenalkan produk Anda.  Namun selain foto yang Anda posting harus menarik, juga sertai dengan keterangan yang jelas.  Misalnya untuk pakaian, Anda harus mencantumkan detail ukuran, warna, jenis bahan dan juga harga.  Keterangan yang lengkap akan menghindari pertanyaan-pertanyaan berulang dari customer.

Ketiga, Buat konten yang menarik.  Memiliki konten yang menarik sangat penting untuk bisnis online.  Anda bisa membuat satu iklan perhari dalam bentuk storytelling untuk mempromosikan produk Anda.   Konten iklan yang menarik akan mengundang banyak like, share dan comment. Cara ini jauh lebih efektif menarik pelanggan tanpa menyita waktu Anda dibandingkan dengan promosi secara hardselling yang Anda lakukan berkali-kali belum tentu dilirik oleh pelanggan Anda.

Keempat, Rekrut Reseller.  Kehadiran reseller patut menjadi perhitungan bagi pebisnis.  Dengan reseller informasi mengenai produk Anda dan penjualan kian tersebar luas di berbagai kalangan tanpa harus Anda sendiri yang melakukannya. Setelah berhasil mendapatkan banyak reseller yang harus Anda lakukan adalah membina dan menjaga hubungan baik dengan para reseller.   Untuk lebih mengefisienkan waktu Anda dalam berinteraksi dengan mereka, buatlah grup khusus baik itu di BBM, WA atau facebook.  Anda bisa memantau, mentraining, mengupdate, serta memotivasi  mereka  secara sekaligus bersama-sama.

Kelima, Membuat program diskon dengan syarat pembelian bundling.  Dengan cara ini Anda bisa menjual beberapa produk sekaligus dalam satu waktu.

Keenam, Masukan "ME TIME". Meski Anda punya seabreg kegiatan di rumah atau di luar rumah sebagai pebisnis, Anda tetap harus memasukkan jadwal ME TIME dalam keseharian Anda. Tidak perlu lama-lama, cukup 10 menit misalnya hanya untuk minum teh sambil baca buku, creambath di rumah, atau misalnya melakukan me time yang bisa mengupgrade wawasan Anda: membaca dan menulis.

Nah, jika Anda sudah melakukan manajemen waktu dengan baik, saya yakin Anda bisa melesatkan PRODUKTIVITAS Anda dengan cepat tanpa harus mantengin handphone setiap saat. Setuju?

No comments:

Post a Comment