01 June 2016

Menghasilkan Gaji Jutaan Setiap Bulan Dengan Modal Tulisan

Campaign Indscript, perusahaan kepenulisan yang saya usung adalah mendorong penulis buku menjadi penulis PLUS.   Menjadi penulis yang menulis buku, menjadi penulis yang bisa melakukan banyak hal karena bukunya, menjadi penulis yang dicari dan menghasilkan gaji jutaan setiap bulan setiap bulan.

Serius? Mungkinkah menghasilkan gaji jutaan setiap bulan dengan modal tulisan?
Mungkin banget! Kuncinya cuma dua kok.  Apa  saja? Yuk kita simak.

Pertama, Jadilah penulis yang selalu dinantikan pembacanya.
- Menulislah dengan tujuan memberi nilai tambah pada para pembaca.  Tulisan yang dihasilkan dari hati dan pikiran yang jernih dan bertanggung jawab akan terasa berbeda dengan tulisan yang dibuat hanya sekedar untuk mencari penghasilan dan popularitas
- Milikilah cara penulisan yang berbeda dari penulis-penulis yang lain.  Milikilah keunikan dalam setiap karya kita.  Misalnya, biarkan para pembaca Anda menggunakan imajinasi mereka saat membaca karya Anda. Sediakan detail dengan berbagai “pilihan” dan biarkan pembaca-pembaca itu “mengisi” sisanya dengan “warna” mereka sendiri.  Selain itu berempatilah pada pembaca. Gunakan kata-kata deskriptif yang menghubungkan antara rasa, sentuhan, dan “bau” dari pembaca.  Keunikan-keunikan seperti ini akan membuat tulisan kita gampang dikenali sekaligus memiliki penggemar-penggemar tersendiri
- Penulis yang dinantikan banyak orang harus konsisten terus berkarya.  Banyak penulis yang ingin produktif menerbitkan buku tetapi mengaku tidak sempat menulis. Padahal banyak juga penulis produktif yang juga berprofesi sebagai pebisnis, karyawan, hingga ibu rumah tangga. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat manajemen waktu secara tepat konsisten menulis setiap hari.
Kedua, Jadilah penulis yang selalu dicari penerbit
- Bangunlah personal branding.  Personal branding bisa dibentuk dengan cara sering memposting tulisan-tulisan anda di media sosial misalnya blog.  Tunjukkan tulisan-tulisan terbaik Anda.  Personal branding ini bisa meningkatkan nilai jual seorang penulis di mata penerbit.  Raditya Dika adalah penulis yang berawal dengan menulis di blog.  Ke-khas-an gaya menulisnya telah memikat penerbit.  Sekarang, alih-alih mengirimkan tulisan ke penerbit, malah penerbit-penerbit yang berebutan menawarkan untuk menerbitkan tulisannya.
- Buatlah tulisan yang unik  yakni tulisan yang berisi ide-ide baru ataupun tulisan yang memiliki kelebihan dibandingkan karya-karya lain yang serupa.  Karena penerbit itu bagaimanapun orientasinya adalah bisnis, yang tentunya mereka ingin untung dari penjualan karya kita.
- Bergabung dengan komunitas penulis terutama yang mempunyai kerjasama khusus dengan penerbit.  Dari komunitas ini, selain kita bisa belajar dari para penulis yang pernah diterbitkan karyanya, kita bisa mendapatkan bocoran tema-tema tulisan yang dibutuhkan.

Betapa menyenangkan ya apabila kita bisa menjadi penulis yang tidak hanya sekedar menulis, tapi karya kita senantiasa dibaca banyak orang dan dicari penerbit-penerbit. Kedua hal tersebut akan bermuara pada meningkatnya peran Anda sebagai penulis yang produktif dan tentu saja akan mendapatkan penghasilan besar setiap bulannya. Bisa? Pasti bisa!

No comments: