31 May 2016

Bisnis Suami Istri, Bagaimana?

Bisnis suami istri itu artinya merumuskan impian-impian, produktif dan berkontribusi
dalam banyak hal dengan segala potensi yang dimiliki secara bersama-sama.
Keterlibatan pasangan dalam bisnis adalah hal yang menyenangkan, dari mulai mendukung modal bisnis, membantu promosi, maupun terlibat langsung dalam manajemen bisnis.

Namun, bisnis yang dijalankan oleh suami istri bukan berarti bisa dijalankan semaunya.  Anda tetap harus memiliki manajemen yang baik.  Tanpa manajemen waktu pembagian waktu untuk bisnis dan rumah tangga bisa kacau balau.

Bagaimana caranya?

Pertama, Jalani satu persatu pekerjaan sesuai jadwal dan peran yang sudah Anda sepakati dengan pasangan. Bikin pembagian tugas yang jelas dengan pasangan atau anggota rumah yang lain.   Kedisiplinan yang tinggi dalam penyelesaiannya dan bersedia melakukan sesuatu dengan tepat waktu akan memudahkan segalanya.

Kedua, Jangan pernah menunda pekerjaan.  Mentang-mentang bekerja bukan dengan orang lain pekerjaan bisnis yang seharusnya bisa diselesaikan hari ini, Anda tunda ke minggu depan.  Padahal minggu depan bisa jadi Anda akan mendapatkan pekerjaan baru yang menuntut deadline tinggi.  Akibatnya tidak hanya pekerjaan bisnis yang tidak terselesaikan dengan baik namun bisa merembet ke tugas-tugas rumah tangga Anda.
Ketiga, Jangan baperan dan anti kritik.  Anda harus tetap bisa bekerja dengan professional.  Jangan ragu untuk saling mengkritik atau memberi masukan untuk kebaikan bersama.

Keempat, Merasa lelah? Keluarlah sejenak dari rutinitas.  Walaupun bekerja dengan pasangan, Anda harus tetap memiliki ME TIME.  Kalau perlu rubahlah jadwal harian dengan sesuatu yang lebih fresh, walau tidak mengubah esensi di dalamnya.  Hiburlah diri dengan melakukan kegiatan yang sudah lama tidak Anda lakukan.  Karena jadwal pekerjaan yang mendadak  lebih padat, Anda jadi lupa melakukan hobi lama.  Setelah ber-me time, kembali selesaikan segala sesuatu sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

Jadikan bisnis yang dijalankan bersama pasangan, membuat hubungan antara suami dan istri semakin harmonis, serta hubungan dengan Sang Pencipta semakin dekat, maka bisnis tersebut akan bermanfaat. Alangkah nikmatnya hidup berbisnis bersama pasangan!

No comments: