(Karya Penulis di manajemen Indscript Creative)
Menerbitkan buku
adalah harapan dan kebanggaan seorang penulis.
Namun kebangaan harusnya tak berhenti sampai disitu saja. Kebanggaan mesti berakhir sampai buku yang
dicetak habis terjual dan akan terus dicetak ulang. Untuk mencapai semua ini penulis harus
berkolaborasi dengan penerbit. Jangan
menyerahkan promosi dan pemsaran buku hanya kepada penerbit karena sebagai
penulis Anda harus tahu seberapa laku tulisan Anda? Bagaimana membuat tulisan Anda jadi laku?
Penulis yang sukses
harus jago berstrategi PROMOSI.
Seperti pebisnis dong?
IYA! Berikut adalah beberapa
alasan kenapa penulis harus promosi buku :
Pertama, Ada lebih
dari 100 buku baru setiap hari datang ke toko buku. Kalau tidak dipromosikan
maka buku kita cepat LENYAP!
Kedua, Promosi akan
meningkatkan daya jual buku dan kalau buku karya kita lancar dijual maka
penerbit akan senang menerbitkan buku kita.
Ketiga, Promosi bukan
hanya tanggungjawab penerbit tapi tanggungjawab kita semua, termasuk didalamnya
Agensi Naskah :)
Keempat, Kalau buku
sudah dipromosikan dan laku, ROYALTY akan masuk lebih banyak dan umur buku
lebih panjang.
Kelima, Tidak ada
salahnya untuk menggunakan jejaring sosial seperti facebook atau twitter untuk
mempromosikan buku Anda, dengan sejumlah friendlist yang Anda miliki maka ada
kemungkinan mereka melihat apa yang Anda promosikan, dampaknya mereka akan
membeli. Social media memungkinkan kita
berpromosi dengan cara lebih lembut dan dampak lebih cepat. Misalnya dengan
membuat status dari kalimat di buku kita.
Selain sosial media dimana
melakukan promosi buku? BANYAK! Berikut
adalah diantaranya.
1. MEDIA
CETAK/ELEKTRONIK. Mereka menyediakan slot untuk resensi buku. Anda bisa
mengirimkan buku Anda atau sekedar mengirimkan hasil resensi plus cover buku
Anda ke email mereka.
2. NGEBLOG. Kalau Anda
suka ngeblog, maka mulailah mencantumkan karya-karya Anda, meresensikannya di
blog, kalau perlu merekomendasikannya.
3. JADIKAN HADIAH.
Mulailah mengganti kado untuk teman-teman Anda dengan buku. Makin terbiasa
melakukan ini, makin berdampak pada penjualan buku Anda.
4. BEDAH BUKU. Tidak
perlu bedah buku yang ramai, cukup undang teman-teman Anda hadir di rumah Anda
dan bedah buku Anda dengan menarik. Jika, punya jaringan ke radio bisa siaran
bedah buku di radio. Anda juga bisa
bekerjasama dengan penerbit melakukan bedah buku di toko-toko buku yang ramai
pengunjung.
5. BACA DIMANA-MANA.
Kemanapun Anda pergi, bacalah buku Anda dan buatlah orang melihat cover buku
yang Anda baca.
Bagaimana? Siap mempromosikan karya Anda?
Yeay! Ada buku miss backpaker naik haji. Makasih mbak Ind :)
ReplyDeleteYeay! Ada buku miss backpacker naik haji. Terima kasih ya mbak :)
ReplyDelete