13 May 2016

Jangan Menyerahkan Promosi Buku Hanya Kepada Penerbit, Penulis Harus Melakukannya Juga!

(Karya Penulis di manajemen Indscript Creative)

Menerbitkan buku adalah harapan dan kebanggaan seorang penulis.  Namun kebangaan harusnya tak berhenti sampai disitu saja.  Kebanggaan mesti berakhir sampai buku yang dicetak habis terjual dan akan terus dicetak ulang.  Untuk mencapai semua ini penulis harus berkolaborasi dengan penerbit.  Jangan menyerahkan promosi dan pemsaran buku hanya kepada penerbit karena sebagai penulis Anda harus tahu seberapa laku tulisan Anda?  Bagaimana membuat tulisan Anda jadi laku?
Penulis yang sukses harus jago berstrategi PROMOSI. 
Seperti pebisnis dong?
IYA! Berikut adalah beberapa alasan kenapa penulis harus promosi buku :
Pertama, Ada lebih dari 100 buku baru setiap hari datang ke toko buku. Kalau tidak dipromosikan maka buku kita cepat LENYAP!
Kedua, Promosi akan meningkatkan daya jual buku dan kalau buku karya kita lancar dijual maka penerbit akan senang menerbitkan buku kita.
Ketiga, Promosi bukan hanya tanggungjawab penerbit tapi tanggungjawab kita semua, termasuk didalamnya Agensi Naskah :)
Keempat, Kalau buku sudah dipromosikan dan laku, ROYALTY akan masuk lebih banyak dan umur buku lebih panjang.
Kelima, Tidak ada salahnya untuk menggunakan jejaring sosial seperti facebook atau twitter untuk mempromosikan buku Anda, dengan sejumlah friendlist yang Anda miliki maka ada kemungkinan mereka melihat apa yang Anda promosikan, dampaknya mereka akan membeli.  Social media memungkinkan kita berpromosi dengan cara lebih lembut dan dampak lebih cepat. Misalnya dengan membuat status dari kalimat di buku kita.

Selain sosial media dimana melakukan promosi buku? BANYAK!  Berikut adalah diantaranya.
1. MEDIA CETAK/ELEKTRONIK. Mereka menyediakan slot untuk resensi buku. Anda bisa mengirimkan buku Anda atau sekedar mengirimkan hasil resensi plus cover buku Anda ke email mereka.
2. NGEBLOG. Kalau Anda suka ngeblog, maka mulailah mencantumkan karya-karya Anda, meresensikannya di blog, kalau perlu merekomendasikannya.
3. JADIKAN HADIAH. Mulailah mengganti kado untuk teman-teman Anda dengan buku. Makin terbiasa melakukan ini, makin berdampak pada penjualan buku Anda.
4. BEDAH BUKU. Tidak perlu bedah buku yang ramai, cukup undang teman-teman Anda hadir di rumah Anda dan bedah buku Anda dengan menarik. Jika, punya jaringan ke radio bisa siaran bedah buku di radio.  Anda juga bisa bekerjasama dengan penerbit melakukan bedah buku di toko-toko buku yang ramai pengunjung.
5. BACA DIMANA-MANA. Kemanapun Anda pergi, bacalah buku Anda dan buatlah orang melihat cover buku yang Anda baca.

Bagaimana? Siap mempromosikan karya Anda?




2 comments:

dian nafi said...

Yeay! Ada buku miss backpaker naik haji. Makasih mbak Ind :)

dian nafi said...

Yeay! Ada buku miss backpacker naik haji. Terima kasih ya mbak :)