15 May 2016

Berkomunitas, Jangan Jadi Silent Reader, Makin Aktif Makin Baik Untuk Bisnis Anda





(Berkomunitas dengan aktif)

Tahukah apapun profesi Anda harus wajib masuk di dalam komunitas sebagai salah satu kunci sukses? Begitu pula jika Anda memiliki bisnis wajib bergabung di komunitas bisnis.   Namun berkomunitas, jangan jadi silent reader, makin aktif makin baik untuk bisnis Anda, baik secara online maupun offline. Banyak sekali manfaat bergabung di komunitas bisnis, antara lain:

Satu, Anda akan dapat banyak ilmu secara gratis saat komunikasi internal di komunitas. Sebagai anggota komunitas tentu ada yang lebih profesional serta mau berbagi ilmu dan pengalaman soal dunia bisnis. Padahal untuk mendapatkan ilmu Anda harus merogoh kocek, seperti datang ke seminar atau mengikuti pelatihan. Sedangkan di komunitas? Biasanya gratis!

Dua, di komunitas akan bertemu dengan anggota lain, yang artinya menambah daftar teman sekaligus membuka peluang kerja sama. Link tersebut sangat bermanfaat agar bisnis Anda kian berkembang di masa mendatang. Sebagai contoh, Anda pebisnis kerajinan tangan yang bertemu dengan pebisnis wedding organizer di komunitas, maka Anda dapat menawarkan kerja sama dengan menyediakan produk souvenir.

Tiga, yang paling menyenangkan adalah melalui komunitas bisa mendatangkan proyek. Sebagai contoh, anggota komunitas A sedang mendapatkan banyak order souvenir yang kemungkinan tidak bisa dikerjakan semua, maka Anda dapat menawarkan bantuan dengan membuat produk souvenir dengan kualitas yang sama pula.

Empat, mendapatkan informasi lomba. Para anggota komunitas saling berbagi informasi mengenai lomba yang menarik untuk diikuti. Jika salah satu anggota komunitas pernah menjadi pemenang lomba tersebut, akan memberikan bocoran apa-apa saja yang menarik bagi juri. Rahasia ini dapat Anda gunakan sebagai acuan untuk mengikuti lomba saat ini. Tentu saja, tips tersebut tidak akan Anda dapatkan jika tidak bergabung di komunitas.

Lima, komunitas umumnya mengadakan event. Momen tersebut dapat Anda gunakan untuk lebih dekat dengan anggota lain. Bisa juga, di acara komunitas akan mendatangkan tokoh nasional yang susah untuk Anda temui.
Nah, tunggu apalagi? Segera mencari komunitas bisnis dan aktif di dalamnya.




No comments: