16 May 2016

Ibu, Jadi Penulis Saja! Nggak Perlu Modal, Nggak Perlu Karyawan


Hai ibu, apakah Anda hobi menulis? Jika Ya, beruntungnya Anda!
Menulis adalah kegiatan yang positif yang menghasilkan.
Maka ibu rumah tangga yang ingin produktif dari rumah, jadi penulis saja! Nggak perlu modal, nggak perlu karyawan.
Bila dikelola dengan tepat, hobi menulis memang bisa menjadi bisnis yang menggiurkan.
Tapi apa yang harus ditulis?
Mungkin sebagian dari Anda masih bingung, bagaimana memulai dan apa yang harus ditulis. Sebenarnya banyak sekali hal yang bisa kita tulis. Kegiatan sederhana bila dikemas dengan rangkaian kata yang baik akan menjadi sebuah tulisan yang menarik. Salah satunya adalah menulis dari pengalaman
Sebagian orang ingin menulis hal-hal yang besar sehingga dia menunggu mood dan ide atau tema yang pas untuk tulisannya. Menunggu adalah hal yang harus dihindari ketika kita menulis. Jika ingin menjadi seorang penulis maka resep jitu adalah mulai menulis.
Jangan pernah takut menulis dari pengalaman. Karena banyak buku yang ditulis oleh penulis hebat berdasarkan dari pengalaman hidupnya. Bahkan diangkat menjadi layar lebar.
Kenal dengan Raditya Dika? Seorang penulis muda yang tulisan dalam bukunya banyak diangkat ke layar lebar. Hampir semua buku yang dia tulis adalah pengalaman sehari-hari yang awalnya dituliskan dalam bentuk cerita di blog.           
Jadi, jangan pernah beralasan berhenti menulis karena tak ada ide tulisan. Karena apapun bisa kita tulis salah satunya adalah menulis pengalaman hidup kita.
Tapi bagaimana memulainya?
Mungkin Anda punya banyak sekali pengalaman yang menarik untuk dituliskan tapi masih bingung untuk memulai menulis.   Yuk, kita susun langkahnya
1.      Tulis semua pengalaman menarik dan berkesan yang pernah kita alami
2.      Mulailah menulis salah satu pengalaman tersebut
3.      Menuliskan pokok pengalaman tersebut secara garis besar dan sistematis
4.      Kembangkan pokok pengalaman tersebut

Pengalaman adalah guru terbaik kita. Oleh karena itulah kita abadikan pengalaman hidup kita dalam sebuah tulisan agar bisa menjadi pembelajaran bagi banyak orang.  Mulai dari pengalaman yang lucu, menyenangkan dan menyedihkan.
Pengalaman biasa akan menjadi luar biasa jika diolah dengan kata-kata yang penuh makna bahkan dapat menjadi inspirasi orang di sekitar kita. Jadi jangan pernah takut untuk menulis dari pengalaman.
Yuk ibu, biar produktif jadi penulis saja!  Nggak perlu modal uang, nggak perlu karyawan.  Cukup modal pengalaman saja!



No comments: