02 May 2016

5 Kesalahan Pebisnis di Social Media

(Salah satu produk dari anggota emakpintar.asia)

Bisnis dibangun dan berkembang bukan hanya mengandalkan prinsip mencari keuntungan semata tetapi harus dengan itikad baik, tidak merugikan orang lain, berbagi, sopan dan mau instropeksi kesalahan.  Dengan semakin aktifnya pebisnis di dunia maya terutama di social media, terkadang tanpa sadar melakukan berbagai kesalahan, yang jika dibiarkan bukan tak mungkin lambat laun akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda.  Berikut adalah 5 kesalahan pebisnis di sosial media yang harus Anda hindari :
1.      Tidak menghiraukan etika bisnis.  Banyak etika bisnis yang terlanggar dengan semakin majunya teknologi.  Semua akses amat mudah ditembus.  Semua kesempatan berhamburan di depan mata, semua pintu terbuka lebar.  Pertanyaannya hanya satu, “bolehkan saya melakukannya?”  Bolehkan saya mengambil yang bukan bagian saya?”  Atau “haruskah saya  melakukan sesuatu yang pasti menyakitinya.  Hanya bisnis yang beretika yang akan langgeng. 
2.      Melupakan teman-teman lama.  Tetap merajut kolaborasi dengan orang-orang lama.  Saya memang senang berkenalan dengan orang baru.  Namun jangan lupakan tetap membangun koneksi dengan orang-orang lama.  Ada kepuasan tersendiri ketika muncul kolaborasi antara satu dengan yang lainnya.  Networking akan semakin berkembang dan tanpa kita duga berbagi koneksi bukan sekedar memperkenalkan orang namun dapat menguatkan bisnis kita.
3.      Banyaknya pebisnis yang aktif di sosial termasuk pebisnis-pebisnis yang menjual produk yang sama dengan Anda.  Jangan karena merasa produk Anda memiliki kualitas paling baik lalu Anda terlena.  Bedakan bisnis Anda dengan bisnis sejenis lainnya  Tidak lain adalah produk inovatifnya, cara menjual inovatifnya dan branding inovatifnya.  Jika bisnis Anda lebih inovatif dengan pesaing Anda, makan Anda akan menjadi pebisnis unggul yang berbeda dan siap menjadi bisnis yang long term bukan seumur jagung
4.      Hanya menggunakan satu market place.   Gunakan marketplace untuk menjual produk Anda.  Gunakan lebih banyak marketplace untuk tahu mana yang paling menghasilkan dan meningkatkan branding
5.      Lebih memilih menggunakan facebook personal karena gratis. Mulai  gunakan facebook ads, ini sangat penting untuk mendorong percepatan perluasan jaringan pembeli.
Sudah tahukan sekarang kesalahan yang harus Anda hindari?  Selamat berbisnis di sosial media! Selamat belajar dan action!


1 comment:

Aji said...

kalau di medsos, ada aja pembisnis yang melakukan tag tanpa ijin. atau komentar tetapi isinya link share produk mereka alias nyepam..