29 April 2016

FAQ Sekolah Perempuan

1. Tanya (T): Saya ingin menulis buku, bagaimana caranya?
Jawab (J): Banyak orang yang ingin menerbitkan tulisannya berupa buku. Yang perlu dilakukan adalah menulis sekarang juga serta didukung dengan gemar membaca. Selain itu, ada baiknya bergabung di kelas menulis agar mendapatkan ilmu seputar dunia penulisan. Salah satu di Sekolah Perempuan (SP) sebagai wadah para perempuan mengembangkan potensi menulisnya.

2. T: Tapi, mengapa saya harus ikut kelas menulis?
J: Di kelas menulis, Anda akan mengetahui ilmu menulis, mendapatkan pengarahan langsung dari mentor, hingga bertemu peserta lain agar termotivasi untuk belajar bersama-sama. Di SP, Anda akan didorong berhasil menulis satu naskah buku selama tiga bulan. Mentor akan mengajak peserta menulis sesuai dengan apa yang dia kuasai, atau yang paling dia sukai, maupun yang paling memungkinkan ditulis sedikit demi sedikit setiap hari.

3. T: Tempat belajarnya di mana?
J: Sekolah Perempuan menawarkan dua kelas, yaitu online dan offline.
Kelas online diselenggarakan setiap Senin dan Rabu pukul 20.00-22.00 WIB melalui webinar dan grup Facebook. Di webinar, peserta dapat berinteraksi langsung dengan mentor. Seminggu sebelum materi pertama berlangsung, peserta kelas online yang belum pernah mencoba webinar akan diajari.
Kelas offline diselenggarakan di Bandung setiap Sabtu pukul 09.00-12.00 WIB.

4. T: Apakah di SP hanya belajar menulis?
J: Tidak. Selain menyiapkan satu naskah siap kirim, SP memberikan wawasan terkait dunia buku. Antara lain belajar pasar buku, cara promosi di media sosial, branding, diundang siaran ke radio, diundang presentasi tentang buku, hingga diajak berjejaring dengan penerbit.

5. T: Apa bukunya pasti terbit?
J: Di SP, peserta harus menuntaskan satu naskah buku yang siap kirim ke penerbit. Selain itu, salah satu materi yang diajarkan adalah membuat proposal buku, agar penulis tahu cara mengirimkan naskah dengan cara yang benar. Jadi satu naskah selesai, peserta boleh mengirimkan naskahnya sendiri ke penerbit atau melalui Indscript Copywriting. Tapi, yang menentukan naskah tersebut diterima atau tidak, dan cepat terbit atau tidak, adalah penerbit.

6. T: Penerbit apa saja yang biasa bekerja sama dengan SP?
J: Antara lain Grup Kompas Gramedia dan Grup Penebar Swadaya. Selain itu, SP juga bekerja sama dengan Penerbit Bitread yang membantu penulis menerbitkan bukunya dalam bentuk ebook atau secara print on demand (dicetak sesuai pesanan).

7. T: Berapa lama bukunya bisa terbit?
J: Setiap penerbit punya kebijakan tersendiri. Umumnya, antara 1 hingga 3 bulan. Jika setelah 3 bulan tidak ada kabar, penulis bisa mengirimkannya ke penerbit lain secara mandiri.

8. T: Bagaimana kalau tidak ada penerbit yang ACC naskah saya?
J: Naskah itu dapat menjadi tabungan sekaligus portofolio Anda. Melalui SP, peserta wajib membuktikan diri kalau mampu menyelesaikan naskah utuh dulu. Selain itu, tabungan naskah dapat digunakan sewaktu-waktu saat kelak peserta membutuhkan naskah mendadak. Bisa juga, peserta bisa menerbitkan secara print on demand (dicetak sesuai pesanan) atau dijadikan ebook.

9. T: Apakah SP hanya untuk penulis buku?
J: Di SP tujuannya adalah belajar menulis. Baik itu menulis buku, maupun media lainnya. Para alumni ada yang tetap menjadi penulis buku, ada pula yang memilih sebagai copywriter, blog, hingga media sosial. Ada pula yang memang senang berjejaring dan meluaskan wawasan dengan menjajal berbagai pelatihan, termasuk menulis.

10. T: Kalau sudah selesai lalu bagaimana dengan para alumni SP?
J: Setelah kelas selesai tiga bulan masih bisa mendapatkan mentoringnya. Alumni masih bisa mendapatkan informasi dan edukasi tentang dunia kepenulisan hingga berbagai kuis Di kelas mentoring lanjutan tersebut, mentor dan dan alumni sudah berbaur jadi rekan kerja, yaitu sesama penulis.

11. T: Berapa investasi untuk menjadi peserta SP?
J: Caranya adalah:
1.   Mengisi form pendaftaran:

FORM PENDAFTARAN:

Ya, Saya ingin mengikuti SEKOLAH PEREMPUAN!
Nama :
Tempat tgl lahir :
Status :
Pekerjaan :
Alamat Lengkap :
No rumah :
No Hp :
No pin bb :
Email :
Facebook :
Twitter :

Kelas online Senin dan Rabu, 20.00-22.00 WIB melalui webinar

Kelas offline diselenggarakan setiap Sabtu pukul 09.00-12.00 WIB
di Jl. Pelajar Pejuang 45 no 25 Bandung.

2. Membayar biaya untuk pendidikan selama 3 bulan sebesar Rp1.500.000,00 (Satu juta lima ratus ribu rupiah)
Transfer ke:
Bank Mandiri
a.n. Deky Tasdikin (Sekolah Perempuan)
Nomor Rekening: 130-00-1391029-7

3. Mengirimkan form pendaftaran dan bukti transfer ke email keuangansp@gmail.com dan konfirmasi ke Humas Sekolah Perempuan WA/SMS ke 0813 2181 1219

No comments: