27 April 2016

Beruntung Sekali Penulis yang Suka Traveling

Beruntung sekali penulis yang suka traveling. 
Bisnis wisata selalu menarik bagi dunia penerbitan. Setiap tempat selalu memiliki keunikan, adat istiadat, dan kebijakan tersendiri yang mungkin saja jauh berbeda dengan tempat lain.  Setiap tempat selalu punya cerita maka tak heran tema perjalanan selalu menarik untuk ditulis.

Sulitkan menulis tema perjalanan? 
Bisa dibilang mudah karena tak perlu lagi repot-repot mencari ide untuk menulis bukan?  Ide tulisan Anda adalah cerita perjalanan Anda.

Namun bisa jadi sulit, karena belum tentu cerita perjalanan yang Anda tulis menarik untuk dibaca.
Berikut saya berikan tips yang harus diperhatikan saat membuat kerangka tulisan bertema perjalanan agar menarik untuk dibaca :
1.      Tentukan judul yang menarik, yang menunjukkan bahwa tulisan ada tidak sekedar berisi trip guide saja
2.      Berikan alasan mengapa Anda merekomendasikan tempat ini  untuk dikunjungi.  Bisa diawali dengan menceritakan sejarah adanya tempat ini.
3.      Buatlah deskripsi tempat wisata serta data-data teknisnya.  Anda harus berhasil membuat tempat ini ‘hidup’ melalui  deskripsi yang detil dan jelas.
4.      Paparkan apa saja yang bisa dilakukan dan dinikmati di sana.
5.      Gambarkan akomodasi yang tersedia di tempat ini.
6.      Jelaskan dengan baik rute/akses menuju kesana.
7.      Berikan gambaran harga tiket masuk, biaya wahana serta biaya-biaya lain yang mungkin akan dikenakan.
8.      Berikan penilaian berdasarkan pengalaman Anda.  Dengan harapan pembaca bisa mengambil manfaat sebesar-besarnya dari tulisan Anda ini.
9.      Berikan pandangan Anda mengenai tempat yang Anda kunjungi.  Menulis perjalanan tidak sekedar menulis tentang apa yang kita lihat dan rasakan, tapi juga menjelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi.
10.  Perlu diingat, tulisan traveling bukan fiksi. Anda harus menuliskan kondisi atau keadaan yang sebenarnya.  Anda harus menulis berdasarkan fakta aktual.
11.  Tambahkan dengan foto-foto untuk mendukung tulisan Anda.  Tulisan tema perjalanan yang baik adalah tulisan yang berhasil ‘membawa’ pembacanya ke tempat itu.  Foto-foto akan sangat membantu dalam hal ini.

Nah, dengan mengikuti kerangka tulisan tersebut, cerita perjalanan Anda akan lebih mengalir dan enak di baca. 

Semoga perjalanan yang Anda lakukan akan bermanfaat bagi banyak orang. 

No comments: