27 April 2016

Bagaimana Pola Promosi Buku Anda? Statuskan Saja Bukumu!

Bukan zamannya lagi penulis hanya menulis dan duduk manis menunggu royalti.  Penulis sekarang harus punya skill berpromosi yang kuat.   Penulis tidak bisa lagi hanya mengAndalkan penerbit untuk mempromosikan bukunya.  Kalau ingin buku Anda dikenal dan laku di pasar, Anda harus mulai berkolaborasi dengan penerbit untuk mempromosikan buku Anda.

Nggak susah kok.
Di era sekarang, cara promosi produk yang paling sederhana, mudah dan murah adalah dengan berpromosi melalui status yang kita buat di media sosial. 

Walaupun demikian, jangan anggap remeh pola promosi ini.  Promosi di status media sosial yang dikemas secara kreatif bisa efektif hasilnya. 

Berikut saya berikan cara-cara mempromosikan buku Andai melalui status di media sosial.
1. Mengadakan Kuis berhadiah.  Kuis merupakan salah satu cara paling ampuh dalam hal mempromosikan buku di media sosial.  Dengan mengadakan kuis, kita dapat menarik perhatian dari target market kita karena pada dasarnya semua orang suka hadiah, bukan?  Mintalah orang-orang yang mengikuti kuis Anda untuk men-share dan me-like status Anda.
2. Dengan membedah buku kita melalui status facebook.  Bedah buku artinya berbagi informasi terkait dengan buku kita.  Berikan poin-poin menarik pada buku kita, yang membuat orang menjadi merasa harus membaca keseluruhan buku kita.
3. Share status ke berbagai komunitas.  Di media sosial banyak akun komunitas-komunitas yang berisi orang-orang yang memiliki kesamaan minat.  Hadirnya komunitas ini menjadi sasaran empuk para pebisnis untuk mempromosikan produk mereka.  Nah, penulis juga harus bisa menangkap fenomena ini.  Masuki komunitas tersebut lalu mulai promosikan buku Anda di sana dengan share status Anda.
4. Berinteraksi dengan orang yang like, share dan comment di status Face book.  ‘Pergerakan’ apapun dalam status FB akan membuat status tersebut bertahan lebih lama di time line.
5.  Jangan hanya fokus di satu jenis akun sosial media saja.  Kombinasi FB, Twitter maupun IG akan lebih memperluas jangkauan promosi.
6. Dukung pola promosi kita di sosial media dengan promosi melalui WA, siaran radio dan promosi langsung.

Jadi bagaimana Pola Promosi Buku Anda? Statuskan Saja Bukumu! Anda siap?


No comments: