Training


"Training apapun akan menjadi efektif jika kita mengaplikasikan ilmu yang kita dapatkan." Barangkali ini yang ingin saya tekankan pada semua peserta training di Padangsidimpuan atau berbagai training dimana saya menjadi trainernya maupun saya menjadi pesertanya.

Sebelum saya menjadi penulis bahkan hingga kini saya sudah cukup produktif menulis buku maupun mengajar, dunia training merupakan dunia yang paling saya sukai.
Saya kerapkali menjadi pemulung ilmu dalam setiap training. Saya mencatat dengan baik ilmu yang bertebaran disana termasuk kemudian mengaplikasikannya dalam keseharian. Kadang ada juga yang tidak cocok begitu diaplikasikan, saya tidak lantas memprotesnya, justru saya meramunya dengan apa yang cocok dengan diri saya.

Seperti halnya training menulis. Ada yang cocok dengan pola ajar online, ada yang harus bertatap wajah, ada juga yang harus private. Semua tergantung orangnya. Tapiiiii, satu hal yang pasti adalah training tersebut akan menjadi sia-sia jika ilmu yang diberikan dalam training tidak diaplikasikan dalam keseharian. Jadi, mau naik kelas darimana kalau tiap selesai training terus lupa apa yang diajarkan? :)

No comments:

Post a Comment