Etika yang Terlanggar



Sepanjang hari ini, obrolan saya dengan klien, sahabat, hingga rekan bisnis terkait dengan etika yang terlanggar dalam bisnis.

Saya pelajari dan amati memang ada banyak etika yang terlanggar dengan semakin majunya teknologi. Semua akses amat mudah ditembus, semua kesempatan berhamburan di depan mata, semua pintu terbuka lebar. Pertanyaannya hanya satu, "bolehkah saya melakukannya? Bolehkah saya mengambil yang bukan bagian saya?" Atau "haruskah saya melakukan sesuatu yang pasti menyakitinya?"
Bahkan salah satu sahabat baik mengatakan, "tolong berikan training mengenai etika dan karakter karena keduanya jauh lebih unggul dibandingkan skill" ujarnya. 


Dari pagi hingga malam, obrolan dan diskusi hangat seputar etika bisnis yang terlanggar.
Di penutup perjalanan di Jakarta muncullah satu kesimpulan, "hanya bisnis yang beretika yang akan langgeng. Insya Allah."

Bismillah, belajar lagi tentang ETIKA BISNIS...

No comments:

Post a Comment