30 August 2014

Alat Jitu Sukses Menulis Naskah


Salah satu permasalahan bagi penulis adalah menghadapi deadline. Tidak jarang, justru naskah belum selesai pada hari tenggat tersebut. Untuk itu, diperlukan perencanaan yang matang bahkan sebelum menulis. Saat ini, sudah ada alat jitu untuk mendukung produktifitas menulis. Yaitu Metrik Penulis yang digagas oleh Indari Mastuti.

Adapun fungsi Metrik Penulis adalah membuat target harian sehingga dapat mencapai target setiap bulannya. Juga membuat komitmen pada diri sendiri untuk mencapai target penulisan setiap hari dan setiap bulan. Mampu mendisiplinkan penulis dalam mencapai target penulisan. Serta bisa multifungsi yaitu bukan hanya untuk target penulisan tapi juga target membaca.

Cara menggunakan Metrik Penulis berawal dengan membuat target perbulan, lalu bagi dalam sebulan sebagai target harian. Contohnya, target menulis 1 buku dengan ketebalan 120 halaman, maka 120 dibagi 30 adalah 4 halaman per hari. Selanjutnya, konsisten menulis 4 halaman setiap hari. Apabila dalam satu hari Anda mencapai 3 halaman, maka membayar hutang 1 halaman pada esok hari. Namun, jika satu hari mencapai 5 halaman, juga tetaplah mengejar 4 halaman pada hari besok.
Tidak hanya produktivitas yang meningkat, tetapi Metrik memberi pengaruh ke segi psikologi Anda. Lewat konsisten menulis, secara tidak langsung dapat meyakinkan diri sendiri kalau bisa menulis sesuai target. Juga terdapat kebanggaan tersendiri bila naskah selesai sesuai jadwal.


Metrik sendiri memiliki arti Memaksa Sebuah Kebiasaan Baru. Agar dapat memaksimalkan Metrik, maka buatlah target yang REALISTIS, KOMITMEN dengan target yang dibuat, ubah cara berpikir tidak bisa menjadi PASTI BISA, luangkan WAKTU untuk mempelajari metrik dan mencocokkan dengan karakter, serta berpikirlah secara kreatif setiap hari untuk mengejar target. Bagi yang ingin mendapatkan Metrik Penulis bisa menghubungi Nurul Khotimah

No comments: