21 May 2016

Aliyah, Perempuan Introvert yang Sukses Berbisnis

Saya bersama Aliyah, seorang ibu yang sangat suka belajar

“Prinsip saya dalam berbisnis selama yang kita lakukan benar dan baik, ya jalani saja. Biarpun demikian sebetulnya saya orangnya nggak pedean, masih sering ada perasaan takut, masih timbul rasa was-was kalau mau mulai hal-hal baru.”

Demikian pengakuan Jumratul Aliyah, seorang perempuan introvert yang sukses berbisnis batik pria berlabel Aamir Kinsler.
Bulan Mei ini merupakan bulan ke 4 beliau ikut Privat Sales Coaching yang saya usung. Pencapaian Aaliyah, demikian beliau biasa disapa, memang sangat luar biasa.  Naik omzet 20%  setelah ikut PSC di bulan pertama dan di bulan ke enam nanti, tak tanggung-tanggung, memasang target kenaikan 100%.
Bagaimana seorang Aaliyah bermetamorfosa menjadi pebisnis yang handal dalam waktu begitu singkat?
Kuncinya adalah mau belajar dan belajar.
Dalam proses pembelajarannya dalam PSC, Aliyah menemukan satu clue penting untuk melesatkan bisnisnya, yakni fokus dalam bisnis.
Aaliyah menyadari bahwa fokus dalam bisnis sangat diperlukan terutama untuk pebisnis pemula.  Karena bisnis masih membutuhkan perhatian dan perawatan untuk bisa berjalan dengan baik.  Terutama untuk bisnis yang di mulai dari bawah alias dari nol biasanya memiliki sumber daya yang terbatas baik modal, SDM, dan manajemen.  Sehingga sangat penting membagi sumber daya yang terbatas tersebut secara bijak dan efisien.
Disinilah pentingnya fokus dalam menjalankan bisnis. Memang tidak mudah karena akan ada banyak godaan dan gangguan untuk bisa fokus dalam bisnis.
Namun jangan salah, fokus bukan berarti terpaku hanya pada satu bisnis. Ada saatnya mungkin kita harus berpindah dari satu bisnis ke bisnis lain tetapi harus melewati tahap evaluasi terlebih dahulu.
Evaluasi terhadap tahapan-tahapan apa saja yang telah dilakukan dalam bisnis untuk membawa bisnis bertumbuh dan berkembang.  Jadi bukan hanya karena satu hambatan dan kesulitan dalam bisnis lantas bisnis itu ditingkalkan tanpa penyelesaian dan kita berpindah ke bisnis lain.
Fokus dalam bisnis artinya melakukan setiap langkah demi langkah dalam bisnis tersebut satu persatu.
Fokus adalah sebuah cara untuk mengurangi pemborosan sumber daya dalam bisnis.  Pebisnis yang memiliki sumber daya yang sangat sedikit sangat memerlukan fokus dalam menjalankan bisnis.
Ya, itulah Aaliyah.  Perempuan introvert yang telah bermetamorfosa menjadi seorang pebisnis yang handal.

1 comment:

Agustina Purwantini said...

wah, berarti aku yg pemalu ini bisa pula sukses berbisnis