19 June 2011

80 Bisnis Sampingan Modal < 5 Juta

☻ Judul Buku: 80 Bisnis Sampingan Modal < 5 Juta
☻Penulis: Astri Novia & Natar Adri
☻Penerbit: Penebar Plus (Penebar Swadaya Grup)
☻Cetakan: I,Jakarta 2011
☻ Tebal: 262 Halaman
☻Harga: Rp 39.000



Kebutuhan yang terus meningkat sedangkan penghasilan sebagai karyawan hanya pas-pasan memaksa kita untuk mencari penghasilan tambahan. Istilah “besar pasak daripada tiang!” sudah menjadi hal yang lumrah bagi mereka yang tidak pandai-pandai mengelola keuangan dan bagi mereka yang tidak jeli melihat peluang disekitar untuk dijadikan sebagai tambahan income.
Sebagai karyawan yang selalu disibukkan dengan aktivitas kantor dapat menambah penghasilan dengan cara memiliki bisnis sampingan. Dalam buku ini dijelaskan bahwa bisnis sampingan adalah memulai bisnis baru dengan modal seminim mungkin tetapi berpeluang mendapatkan keuntungan yang cukup menjanjikan.
Pada bab pertama buku ini dimulai dengan bahasan “tak perlu bingung memulai bisnis”. Tentu saja untuk memulai bisnis sampingan harus memperhatikan beberapa hal diantaranya kita harus mengembangkan kreativitas sehingga bisnis kita memiliki keunikan dibandingkan bisnis serupa yang sudah ada. Kesiapan modal kadang menjadi kendala dalam memulai bisnis. Dalam buku ini diberikan tip bagaimana mengelola gaji menjadi modal bisnis. Menilik hobi yang diminati sangatlah penting. Akan lebih baik jika kita memang memiliki minat dibidang yang akan kita jalankan sehingga dari hobi menjadi hoki.
Pasar itu kejam dan dunia bisnis penuh kompetisi dan kejutan. Berbagai kesulitan akan bermunculan. Namun kita perlu menggali terus potensi diri dan diperlukan ide kreatif agar menjadi inovasi yang diminati pasar contohnya; bila kita ingin berjualan pisang goreng, lakukan dengan menambah perbedaan. Apabila pisang goreng dengan balutan tepung itu sudah biasa, tidak ada salahnya membuat pisang goreng dengan berbagai topping yang lebih menarik disertai penamaan produk yang lebih in misalnya Pisang Goreng Kriuk .
Kesiapan mental harus menjadi faktor yang harus diperhatikan. Siap gagal? Apakah kita memiliki daya resistensi terhadap stress? Semuanya harus terus dihadapi sambil terus mencoba dan bekerja keras sehingga kita bisa menjadi manusia yang “say no to surrender”.
Buku ini dilengkapi dengan tips dan info berbisnis seperti tips bagaimana mengasah kreatifitas dan tip mengelola gaji menjadi modal bisnis walaupun didalamnya terdapat point ‘sedekah’ yang statementnya benar namun kurang relevan dalam konteks yang dimaksud. Terdapat juga ejaan yang masih salah.
Pada bab akhir buku ini terdapat kisah inspirasi sukses bagaimana mereka yang telah sukses dengan omzet 18 juta hingga 32 juta per bulannya. Contohnya, siapa yang tidak mengenal wingko babat ? Bisnis yang telah digeluti Chandra sejak tahun 1993 dengan modal yang sangat minim yaitu hanya 20 ribu dan akhirnya sukses dengan omzet 500 ribu per hari dengan strategi bisnis yang dijalankannya.
Buku ini penting untuk dimiliki bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis sampingan. Buku yang berisi 80 pilihan bisnis sampingan dengan modal kurang dari 5 juta disertai peluang, langkah memulai, hambatan, strategi dan tips bisnis lengkap dengan perhitungan analisis usaha.
Jadi, tingal pilih apakah anda mau memilih bisnis bros cantik dengan keuntungan 1 jutaan, bisnis lolychoco dengan keuntungan 2 jutaan atau bisnis blog/website dengan keuntungan 3 jutaan, atau bisnis sampingan lainnya? Tinggal pilih dan siapkah anda memulai berbisnis sampingan ? (Sri Marini)

No comments: