14 April 2009

Strategi dalam menghadapi persaingan

Tidak ada lagi perusahaan yang monogami
Kini, perusahaan bisa poligami atau hipergami artinya lebih dari perusahaan bersaing memperebutkan lahan yang itu-itu saja
Misalnya saja perusahaan seperti Indscript Creative, jasa pelayanan penulisan kini semakin bermunculan bahkan terus berkembang
Strategi apa yang kemudian saya lakukan untuk menghadapi persaingan?
Ada beberapa hal yang saya lakukan diantaranya:
1. Kreativitas
Indscript Creative mengawali kelahirannya dengan metode pemasaran 'out of the box'. Jika perusahaan sejenis hanya menawarkan pelayanan, Indscript sekaligus menawarkan ide-ide judul yang jumlahnya mencapai ratusan. Bagaimana respon pasar? sempat menjadi bahan perbincangan panas di sebuah milis tapi dari sana kami mendapat banyak klien baru. :)
2. Profesional
Indscript Creative berusaha untuk terus memberikan pelayanan yang disiplin dalam hal deadline yang telah disepakati dengan klien. Jika ada aral melintang, salah satunya, penulis yang justru tidak disiplin deadline biasanya pihak dalam perusahaan yang akan menyempurnakan tulisan sehingga deadline tetap tercapai dengan baik.
3.Membangun Komunikasi
Indscript Creative selalu berusaha untuk membangun komunikasi dengan para klien baik ketika sedang proses pengerjaan naskah hingga naskah selesai dikemas. Komunikasi yang terbangun saat pengerjaan naskah dimaksudkan agar klien mengetahui progress pesanannya sudah sampai sejauh mana. Hal ini menghindari kekecewaan salah satu pihak jika pengerjaan tidak sesuai harapan.
4. Menawarkan ide-ide baru
Jangan pernah kehabisan ide, karena idelah yang harus selalu menjadi senjata sebuah perusahaan untuk menjalin kerjasama dengan klien. Dalam komunikasi-komunikasi yang terjalin antara Indscript Creative dan klien kami selalu menghadirkan ide-ide baru dalam pengemasan buku dan inilah yang selalu membuat kami tak pernah kehabisan pesanan.
5. Membangun Kedekatan Personal
Klien adalah sahabat, dengan membangun persahabatan dengan klien maka situasi psikologi yang terjalin lebih menyenangkan. dan sebagai sahabat kita selalu berusaha memberikan yang terbaik.
Nah, kini usia Indscript telah mencapai 1,5 tahun dan Insya Allah, perjalanan kami mencapai sukses menjadi awal perbaikan di hari-hari berikutnya. Semoga di era persaingan ini, kami terus berkembang. Amin

No comments: