18 September 2006

Tips Menulis : 3S (Sekarang, Sedikit demi sedikit, dan Setiap hari)

Bagaimana caranya supaya aku bisa nulis?
AJarin dong biar aku lancar nulis?
Seneng ya bisa nulis?
Pertanyaan seperti itu kerapkali dilontarkan padaku dan kepada mereka semua aku mengatakan "Pengen menulis? Ya, menulis saja!"
Tapi, well, nggak cukup dengan itu mereka tetap kebingungan dan belum juga menulis karena masih nggak tau bagaimana caranya.
Menulis sebenarnya bukanlah sekedar bakat, bahkan tidak punya bakat pun ketika menulis selalu dilakukan atau ditekuni maka dia akan menjadi penulis handal. Apapun yang dilakukan akan menjadi lebih baik jika dilakukan secara konsisten

"Batu sekeras apapun akan hancur oleh tetesan air"

Karena itulah rumus menulis akhirnya aku dapatkan
3S alias Sekarang, Sedikit demi sedikit, dan Setiap hari!!! Dan rumus sederhana itu aku bagi kepada pembaca semua.
SEKARANG
Bukankah kita semua tahu bahwa pekerjaan menunda itu tidak baik. Jangan pernah lagi mengucapkan nanti saja atau besok. Ayo menulislah sekarang, tulis apa saja yang terbersit di kepala nggak perlu takut hasilnya jelek atau nggak sesuai dengan EYD. Ambil kertas dan pulpen, atau segera nyalakan komputer. Ayo menulis SEKARANG!
SEDIKIT DEMI SEDIKIT
Bahkan sebelum aku bisa membuat novel 100 halaman dalam waktu dua hari! aku sempat menulis opini beberapa paragrap dalam satu bulan! Saat memulai menulis jangan berharap bisa menulis dalam kuantity dan kualitas yang sesuai dengan apa yang kita dan 'orang lain' harapkan. Tapi, biarkan kemampuan menulis kita terasah melalui proses. Menulislah sedikit demi sedikit, jangan lupa tambahlah wawasan kamu dengan MEMBACA dan untuk sementara biarkan bacaanmu mempengaruhi gaya menulismu. Biarkan! Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit lho.
SETIAP HARI
Beruntunglah kita semua sebab kita sekarang memiliki banyak kemudahan untuk menyalurkan tulisan. Salah satu yang lagi ngetrend sekarang adalah BLOGSPOT (seperti yang kupakai ini! Hehe), Multiplay, milis, dan semua kecanggihan di dunia internet lainnya. Menulis dan memperlihatkan tulisan kita setiap hari akan membuat kita termotivasi untuk terus menulis. Jika hari ini kamu menulis dua paragraph, besok tambah satu kata, lusa tambah empat kata, seterusnya tulisan kamu akan semakin banyak dan wadah untuk memajangnya sudah tersedia.
Percayalah dengan melaksanakan 3S maka kamu akan bisa mewujudkan keinginanmu untuk bisa menulis atau bahkan jadi PENULIS seperti yang kamu mimpikan.
Selamat menulis!

Jakarta, 17 September 2006

No comments: