21 December 2005

Atasi BAD MOOD

"Yang menyebabkan agama cacat ialah hawa nafsu" (HR Asyahaab)

Mood alias suasana hati, bad alias jelek. Berarti bad mood adalah suasana hati jelek. Bad Mood suka datang nggak diundang dan pergi tanpa pamit. Secara tiba-tiba kita terserang bad mood, beberapa saat kemudian udah tersenyum-senyum dan bergairah kembali. Mending sih kalo sekali-kali datangnya, kalau keseringan malah bikin kita rugi berat tuh. Bisa-bisa sesuatu yang ingin kita capai dalam target waktu tertentu jadi berantakan nggak tahu rimbanya.
Bad Mood bikin kita uring-uringan, malas, cepet marah, tersinggungan, murung, dan ngerasa jadi orang paling menderita di dunia. Entah darimana di si bad mood datang. Tapi jelas sangat mengganggu sekaleeee! Dan ternyata si bad mood emang bisa nyerang siapa saja, bukan cuman kamu!
Alisa kedatangan sahabat lamanya dan mengajaknya jalan-jalan ke mall. Ketika itu Alisa sangat gembira menyambut Adista, namun entah kenapa ketika mereka sampai di mall Alisa tibatiba merasa jengkel karena sesuatu yang nggak jelas, akibatnya dia melontarkan kata-kata pedas kepada Adista tanpa sebab. Sejak itu, Alisa tak pernah mendapat kunjungan dari Adista. Ya, kadang bad mood menyebabkan kita menjadi terlalu cepat melontarkan kata-kata yang sengit, dan merasa kesal mendadak. Nah, kamu harus bisa menguasai ketika si badmood datang
Tak diundang agar teman-teman tidak terganggu karenanya.
Gimana ngatasin si bad mood? Gini nigh!
Kontrol emosimu. Sebenarnya kita juga bisa lho ngendaliin bad mood asal kita bisa mengontrol emosi. Artinya kita bisa beehenti malas jika kita mau.
Kenali diri kamu sendiri. Dengan modal mengenali diri maka kamu bisa ngatasin bad mood. Bukankah kamu yang paling mengerti dan menyadari keadaan dirimu
KAmu bisa juga mengakui datangnya bad mood dan supaya nggak bikin orang tersinggung dengan sikapmu saat terserang bad mood, minta mereka untuk sementara waktu membiarkan kamu sendirian
Temukan sumber si bad mood. Nah, kalo kamu dah tahu sumbernya, kamu jadi lebih gampang cari solusinya lho!
Carilah akal untuk mengatasinya. Cobalah untuk mengendalikan perasaan itu.
Ekh, kamu juga bisa minta bantuan orang lain untuk memerangi bad mood kalo kamu merasa sulit mengendalikannya atau karena si bad mood sering banget datang. Konsultasikan dengan sahabat, orang tua, atau yang lebih ahli seperti psikolog. Bisa jadi kamu punya masalah yang berlarut-larut dan nggak selesai-selesai.

No comments: