20 September 2005

Pentingnya Hati!

Lagi-lagi saya dikejutkan dengan tulisan Hermawan Kartajaya “ Pada saat kemajuan yang luar biasa dan information technology yang bertumpu pada otak seringkali peranan hati dilupakan. Padahal, hati tetap menjadi kompas dari otak dalam pengambilan keputusan apa pun”

Hermawan Kartajaya seorang pakar bidang marketing dan edutainment. Membumbui tulisan-tulisannya dengan banyak ilustrasi berdasarkan hasil pengamatan dan pengalamannya sendiri, bukan dipetik dari buku-buku luar negeri dan teori-teori pakar manajemen.
Kenapa saya terkejut? Ya, karena beberapa ungkapannya seringkali seperti yang saya praktekan saat ini. Begini, sahabat, seorang konsultan bisnis menyatakan bahwa peranan SDM hanya sekitar 20-30 persen saja dalam perkembangan perusahaan. Tapi, saya membantahnya dengan menyatakan bahwa SDM sama penting dengan teknologi maupun manajemen dalam perusahaan.
Kenapa SDM penting? Karena akhirnya kita membutuhkan pemahaman setiap orang terhadap tanggung jawab spesifik dan merupakan jalan hidup (way of life) dimana hal ini dapat meningkatkan kualitas total (total quality) melalui mekanisme kerja sistem yang berorientasi pada proses seperti proses informasi pelanggan (customers information processes), proses kerja (work processes), dan proses orang (people processes). Selamat menggunakan hati Anda!

No comments: