Sales Representatif Pilihan!

Merujuk pada syarat utama seorang Sales Representatif bagi Hermawan Kartajaya harus memiliki 3 syarat :
Appearance, artinya penampilan orang yang dicari mesti rapi sehingga enak di padang
Attitude, artinya orang tersebut memiliki sikap yang baik. Dengan demikian, dia bisa melayani semua keluhan pelanggan dengan baik
Ability, dia harus memiliki kemampuan intelektual yang baik.
Baiklah, setelah saya analisa tulisan tersebut. Saya sangat setuju dengan beliau, dan ketiga syarat tersebut memang saya coba praktekan di lapangan. Tapi, entah kenapa, saya memang tidak atau belum mempercayai orang untuk melakukan wawancara bagi calon sales di perusahaan kami jika si pewawancara belum memenuhi kriteria sebagai seorang Sales. Bagi saya, orang yang bisa mewawancarai atau merekrut sales harus pula seorang sales yang sudah membuktikan minimal ketiga syarat di atas. Jika tidak? Maka saya akan melakukannya sendiri. Minimal sesuai dengan beberapa yang saya miliki dalam diri… Hahaha…ketika dalam melakukan komunikasi awal, saya sudah merasa klop dengan si calon, maka saya akan menerimanya. Appearance bisa saya poles kok, berbeda dengan Attitude dan Ability, dua hal itu paling sulit dipoles, jika individu tidak berusaha menuju ke arah sana. Jadi, ketika saya menemukan orang-orang seperti ini (terlebih orang seperti ini jumlahnya sedikit banget lho), langsung saya tangkap!

No comments:

Post a Comment