20 September 2005

Memulai dari diri sendiri!

Indonesia rupanya memang masih menganut sistem teladan, dalam arti tidak adanya kesadaran untuk membuat diri sendiri lebih baik tanpa adanya panutan.
Demikian yang saya rasakan selama berkecimpung di lapangan. Saya sendiri, terus terang awalnya sangat meneladani pola kerja atasan saya yang sudah lebih dari empat tahun bersama saya. Kinerjanya, semangatnya, pola pikirnya, dan stylenya sangat mengagumkan. Sedikit kekurangan, bukan masalah, yang pasti apa yang beliau katakan pada bawahannya terlebih dulu sudah beliau aplikasikan dalam kehidupannya. So, beliau menjadi figur teladan yang layak diteladani.
Kemudian, ketika akhirnya saya masuk menjadi seseorang yang harus mensupervisi karyawan yang lain. Langkah awal yang saya lakukan adalah menjadikan diri saya menjadi contoh yang baik. Memulai apa yang ingin saya terapkan pada karyawan dengan menerapkannya pada diri sendiri terlebih dahulu. Jika saya sudah yakin kalau contoh itu sudah siap di duplikasi maka saya segera membuat perintah atas hal tersebut. Hal ini akan meminimalisasi pelanggaran peraturan yang diterapkan oleh perusahaan. Tentu saja, ini memudahkan saya untuk mengkritik jika karyawan melakukan kesalahan. Selamat bekerjasama untuk menciptakan iklim saling meneladani!

No comments: