20 September 2005

Mempertahankan Karyawan!

Barb Wingfield dan Janice Berry dalam bukunya "Retaining Your Employees" mengenalkan 3 R yang penting dalam mempertahankan karyawan.
R pertama, RESPECT artinya menghormati
R kedua, RECOGNITION, artinya mengakui
R ketika, REWARDS, artinya menghargai
Mengapa Anda perlu mempertahankan karyawan? Ada beberapa alasan yang dikemukakan :
Turnover karyawan yang tinggi seringkali merepotkan karyawan lainnya maupun para pelanggan; karyawan yang mengundurkan diri selalu membawa serta pengetahuan yang telah diperolehnya. Kesenjangan yang terjadi ini akan menyulitkan perusahaan dalam mewujudkan sasarannya, dan juga akan mengganggu proses pelayanan pelanggan.
Pergantian karyawan memerlukan biaya. Biaya pergantian seorang karyawan diperkirakan mencapai lebih dari dua kali gaji setahun (bahkan bisa lebih besar jika yang keluar adalah seorang manajer menengah), belum termasuk hilangnya pengetahuan yang dibawa serta.
Merekrut karyawan memerlukan waktu dan upaya yang besar, yang sebagian akan terbuang sia-sia. Di sini pun Anda harus bersaing untuk mendapatkan karyawan yang bermutu, dan calon karyawan selalu menggunakan besarnya gaji dan benefit sebagai pertimbangan.
Mengembangkan karyawan baru agar mampu menjalankan tugas dengan baik perlu waktu lama.
Melihat alasan yang dikemukan rasanya masuk akal jika perusahaan siap untuk mempertahankan karyawan dengan kebijakan yang diambilnya. Dan saya, sebagai seorang karyawan rasanya sangat masuk akal jika 3 R itu dikembangkan dalam perusahaan.
Tulisan ini akan mengulas tulisan kacamata seorang karyawan, seperti saya.
RESPECT
Sebagai sikap menganggap, memandang, atau mempertimbangkan karyawan. Menghormati merupakan pondasi dalam mempertahankan karyawan. Sebagai seorang karyawan, tentu saja saya harus menaati segala peraturan di perusahaan, namun kebijakan yang semena-mena dalam perusahaan, terlebih tak adanya rasa hormat pada karyawan akan membuat saya langsung cabut, sebesar apapun gaji yang diberikan.
RECOGNITION
Kurang pekanya manajemen terhadap kebutuhan dan reaksi karyawan biasanya merupakan awal dari permasalahan dalam mempertahankan karyawan. Pengalaman saya sebagai 'pembantu' di sebuah perusahaan besar telah menyiratkan satu pelajaran berharga. Ketika itu saya diperbantukan dalam segala urusan perusahaan, namun keberadaan atas apa yang saya lakukan seolah tidak diakui. Itulah awal penyebab saya memilih berkarier di perusahaan lain yang lebih mengakui dan memperhatikan apa yang saya lakukan.
REWARDS
Salah satu kebijakan perusahaan yang bisa diambil adalah kenaikan gaji bagi karyawan yang berprestasi atau pemberian sesuatu atas usaha yang dilakukan, ini akan menyebabkan karyawan merasa bernilai dan mau bekerja keras dan memperhatikan perusahaan. Walaupun rewards merupakan porsi terkecil dari seluruh upaya mempertahankan karyawan, hal ini tetap merupakan bagian yang penting.
Satu lagi alasan mempertahankan karyawan Anda adalah jangan sampai karyawan hebat Anda berpindah ke perusahaan lain yang mungkin dengan pengetahuan yang didapat bisa menjadi ancaman tersendiri bagi pertumbuhan perusahaan. Orang hebat selalu dicari! Begitu pula karyawan unggul. Bukankah setiap perusahaan selalu mencari karyawan unggul, yang bersedia memberikan kontribusi terbaiknya untuk perusahaan.
Oke, selamat mempertahankan karyawan Anda!

No comments: